Blog

(NgeBlog-1) Bagaimana Cara menulis Postingan di Blog?

Halooo dear frens… To the poin aja nih, Alhamdulillah belakangan ini saya banyak dicolek temen-temen. Sebagian besar nanyain gimana cara nge-blog? blog itu apa sih? cara nulis di blog itu gimana? bagaimana cara meraup uang dari blog?..

Nge-Blog?
Kalo saya ditanya, kenapa nge-blog? awalnya mah pengen curhat doang. Buku diary udah gak muat sama curhatan sayah. Saya udah kenal blog sejak zaman masih ada multiply. Kalo di multiply, yang bikin seru adalah kita bisa tau siapa yang ngintip-ngintip di blog kita. jadiii, kita bisa kunjungi balik n bisa tau karakter pembaca blog kita. Cukup banyak tulisan saya yang tidak terdokumentasikan disana. Syedihnya pake bangeet :). Kalo blog yang sekarang gak ada fasilitas itu. Trus.., kenapa harus curhat di blog? Hmm, saya berasa lebih plong setelah nulis dan dapat komentar dari teman yang tak dikenal di dunia nyata. Sedikit aneh ya 🙂

Trus.. truss.. kenapa masih bertahan nge-blog?
Hmm, kalo dulu memang niatnya mau curhat doang. Sekarang selain niat berbagi untuk yang lain, juga pengen menambah pundi-pundi. Gak nyangka kalo dari nge-blog ini bisa banget buat nambah piti alias money n blessing-nya lagi bisa jadi jalan untuk saya travelling ke luar negri  tanpa ngerogoh kantong atau nyedot isi rekening. HARATIIIIISSSSS!. cerita lengkapnya sila cek di blog saya yang ini.

Wisata Muslim China Cheria-Assalamualaikum Beijing

Wisata Muslim China Cheria – Assalamualaikum Beijing (2)

Wisata Muslim China Cheria -Assalamualaikum Beijing (3)

Naah, temen-temen yang punya ketertarikan untuk ikut nge-blog. Hayuk mulai kenali lebih dekat dunia blog. Jurus pertamanya ya, nulis dulu di blog, hehe. Kalo mau dapet duitnya gimana? Insy saya share cara n tips-nya. Yang penting kamu konsisten dan fokus nge-blognya. itu saja. Semoga ada waktunya ya *soksibukbeeud..

Nge-blog itu punya platform yang bermacam-macam. Mulai dari blogspot, blogger, blogdetik, kompasiana, tumblr dan yang lainnya. Untuk mendapat jalan rezeki lebih banyak (smoga bukan maruk, hahaa) saya punya akun blog di beberapa platform itu. Tapi saya memang lebih sering nongkrong di blog saya yang wordpress ini ples yang di dnamora.com.

Karena saya lebih menguasai dan merasa lebih nyaman nge-blog dengan platform wordpress, maka kali ini saya share bagaimana cara menulis postingan di blog yang memiliki platform wordpress.

  1. Buka halaman dashboard  blog anda  dengan alamat seperti berikut:
    https:// (nama blog anda).wordpress.com/wp-admin/  akan tampak seperti tampilan berikut :

blog

 

2. Di sisi kiri layar anda, akan ada tulisan home, store, post, media, link, pages, comment, hingga setting. untuk memulai menulis di blog. Arahkan kursor ke  kolom post dan klik add new 

 

blog

3. Akan tampak seperti tampilan berikut, Selamat, Teman-teman udah siap untuk menulis di blog 🙂

blog

4. Selanjutnya, ketik judul yang teman2 inginkan untuk tulisan di kolom judul

blog

5. Untuk kolom judul, jika masih tampak angka, silahkan diganti untuk memudahkan dalam pencarian di mbah google

blog
tampak angka di kolom judul
blog
klik edit di kolom
blog
Copy tulisan dari judul dan paste ke kolom untuk menggantikan ketikan angka

6. Selanjutnya, silahkan mengetik tulisan di kolom postingan

 

blog

7. Cara menulis di postingan sesuai dengan Microsoft word misalnya bold, italic, strikethrough,  bullet atau number list,  rata kiri, rata kanan, dan rata tengah.

blogblockquote

 

sedangkan icon lainnya seperti blockquote, ia berfungsi untuk menegaskan topik yang ingin teman2 sampaikan

blog
Tulisan akan lebih menjorok ke dalam

insert

 

Fungsi insert/edit link : untuk memasukkan link dari luar ke dalam blok teman2. Caranya, tinggal klik icon-nya dan akan muncul window seperti ini

 

kolom insert
Silahkan ketik atau paste alamat url link yang ingin teman2 masukkan ke dalam blog

Jika ingin menghilangkannya, tinggal klik icon remove link di sebelahnya ya 🙂

remove link

 

Untuk icon insert read more tag fungsinya: untuk memunculkan tulisan (read more) atau (selanjutnya) di tulisan kita tepat dibatas bawah tulisan yang ingin kita munculkan di halaman utama.

 

 

read moreAkan muncul seperti ini di kolom postingan

blog

Di halaman depan atau di postingan akan tampak seperti di bawah ini

blog
contoh salah satu di postingan blog saya

8. Bagaimana cara untuk memasukkan gambar/foto ke dalam tulisan?

blog

Klik kolom Add Media, lalu akan muncul window dengan nama insert media, lalu pilih select files, pilih foto atau gambar yang teman2 ingin masukkan ke dalm blog. Kemudian klik insert into post. Selamaatt, gambarnya sukses masuk ke dalm postingan.

9. Sekarang , kita lihat sisi kanan di window. Kolom pengaturan publish postingan teman2. Akan terlihat kolom seperti ini :

draft

Masing-masing ada fungsinya, yaitu:

Save draft : untuk menyimpan postingan kita dalam bentuk draft alias belum siap untuk diterbitkan. Kalo postingan belum selesai, tapi teman2 sudah mengantuk atau mau jeda kerjaan yang lain, bisa klik kolom save draft.

Preview: Untuk melihat bagaimana tampilan dari postingan kita sebelum di publish.

Visibility : untuk memilih siapa saja yang bisa melihat postingan kita. Akan ada 3 pilihan yaitu: public, password protected, dan private. Jika bisa dilihat setiap orang, klik public. Jika hanya untuk orang  tertentu klik password protected.  Sedangkan private hanya pemilik blog saja yang bisa melihat.

Sticky post  di kolom pilihan yang ada di visibility berfungsi untuk membuat postingan yang teman2 tulis selalu ada di halaman pertama atau halaman depan blog.

sticky

Setelah klik tanda centang di kolom nya, nanti akan muncul gambar seperti paku di atas postingan.

tampilan sticky

Publish (edit)  : untuk mengatur jadwal  postingan kita. Bisa diatur mulai dari tanggal hingga waktu postingan untuk publish.

10. Jika postingan udah selesai ditulis, tinggal klik publish untuk menerbitkan tulisan teman2.

11. Taraaaa, selamat teman-teman. tulisannya sudah selesai. Klik view post untuk melihat postingan. Silahkan cek di halaman depan blog teman-teman.

view

Bagaimana, apakah tulisan ini bisa  membantu teman2 tentang Bagaimana cara menulis postingan di blog.

Are u ready for  writing your new blog post ???
I am waiting  🙂

 

 

Advertisements

9 thoughts on “(NgeBlog-1) Bagaimana Cara menulis Postingan di Blog?

Comments are closed.