Writing Contest

Namanya Alimikal Hayatafalah

label ali

Dalam sebuah nama, terangkum seluruh doa yang akan terus mengiringi hidup seorang anak, yang akan menjadi kado pertama dari orang tua untuk sang buah hati -Desi Namora-

Kita sering mendengar “Apalah arti dari sebuah nama” yang memaknai gak perlu repot-repot untuk memilih sebuah nama. Mau punya nama apapun, it’s oke waelah.. Namun di sisi lain, ada yang menyebutkan “Nama adalah sebuah doa”. Bahwa pemberian nama pada anak menjadi sebuah hal yang serius dan umumnya dipikirkan oleh para orangtua . Terlebih pada calon ayah atau calon ibu, umumnya pemilihan nama bayi mereka sudah dipikirkanย jauh-jauh hari sebelum anak lahir. Selain sebagai doa, hakikat memiliki nama adalah agar seseorang itu lebih mudah dikenali.

Sebut saja nama saya sendiri, Desi Namora. Desi, pasti pada tau dong, menandakan saya lahir di bulan Desember. ย Hmm, takut si emak lupa kali ya, jadi disematkan di nama saya. Sedangkan Namora sendiri, bahasa asalnya adalah bahasa batak. Asal kelahiran saya. Dalam bahasa batak, namora berarti orang yang dihargai atau orang yang kaya. Tentunya dari nama tersebut, kedua orangtua berharap bahwa saya akan menjadi orang kaya atau dihargai. Aamiinkan saja ya temans ๐Ÿ™‚

Oke, back to topic. Saya merasakan atmosfer “keriweuhan” yang mengasikkan itu saat abang dan kakak ipar sedang menunggu lahiran anak pertama mereka. Sejak tau jenis kelamin si calon dede bayi, abang, khususnya, sudah sibuk memilih calon nama. Usahanya macem-macem. Mulai dari searching di google, terima saran dari keluarga dan temen, sampai pemilihan nama dari sosok yang dikagumi. Kandidat namanya banyak. Sampai bingung milihnya. Sebelum deal, si abang juga minta persetujuan dari kakak, sang istri, setuju atau nggak dengan pilihan namanya. Di dalam aturan agama saya, Sang bapaklah yang memiliki kedudukan lebih tinggi dalam hak memberi nama anak.

Sebelum hari H lahiran, masih saja bingung menentukan namanya. Namun, perdebatan terhenti, saat si debay (dede bayi) sudah lahir. Si kakak sudah menyerahkan mandat sepenuhnya kepada suami tentang pemilihan nama. “Pemberian nama adalah tanggungjawab suami”, begitu katanya. Kayaknya sempat juga itu si dede bayi, dipanggil ucok untuk beberapa hari. Hingga terpilihlah sebuah nama buat si jagoan ” Ali Mikal Hayata Falah Ritonga”

Ali Mikal Hayata Falah Ritonga, nama si jagoan ada 5 suku kata. Itu bentuk awal. Tapi setelah difikir-fikir kebanyakan dan kepanjangan. Kasian nanti kalo mau ujian, hehe. Akhirnya namanya dipendekkan dengan menggabungkan nama tersebut. Ubahan namanya menjadi Alimikal Hayatafalah Ritonga. ย Dari 5 suku kata, menjadi 3 suku saja :D. Tetep ya.., gak mau namanya dikurangin, jadi dihilangkan spasinya saja. ย Kalo namanya dikurangin, ya berarti doanya berkurang.

Ritonga adalah nama keluarga alias marga batak. Alimikal Hayatafalah nama yang menjadi doa untuk si jagoan. Saya memanggilnya dengan sebutan mikal, atau mikale. Ahh, miss u dear.. kecup dari jauh ya sayang :*.

alimikal

Ali diambil dari nama suami Fatimah. Ali terkenal dengan cerita cintanya yang sangat romantis. Ali memang menyukai Fatimah namun ia tidak mengumbarkan rasa sukanya. Ia cukup mencintai dalam diam. Bermanja-manja bermunajat pada Sang Pemilik untuk berjodoh, Fatimah. ย Ternyata, gayung bersambut. Rasa yang sama dimiliki oleh Fatimah. Hingga akhirnya mereka menikah dalam restuNYA. Sifat ketawadhu’an Ali diharapkan ada pada mikale.

Mikal diambil dari nama malaikat pembagi-bagi rezeki, Malaikat Mikail. Teriring doa agar Mikale memiliki rezeki yang banyak dan berkah, dan insha Allah bisa menjadi jalan rezeki bagi orang lain.

Sedangkan Hayata, adalah singkatan dari hamba yang taqwa. Dan selanjutnya.. hmm… sabar yaa..masih ada satu lagi. Falah memiliki arti kemenangan. Jadi artinya secara lengkap, lelaki tawadhu’ yang memiliki banyak rezeki, bertaqwa, dan memperoleh kemenangan. Aamiin semoga Allah mudahkan ya dear :).

Nama Mikale itu menurut saya, masuk kategori unik, panjang, sarat makna. Terlebih Mikale adalah cucu pertama dari keluarga. Baik dari keluarga saya dan kakak ipar. Jadi proses pemilihan namanya ditunggu oleh 2 keluarga besar. Namanya juga unik. Mikal dan hayata, kata yang pertama kali saya dengar disematkan menjadi sebuah nama. Juga termasuk nama yang panjang, terdiri dari 5 suku kata yang digabung menjadi suku kata. Kalo diitung-itung ada 19 huruf ternyata temans. Nama yang cukup panjang kalo nanti mengisi lembar jawaban ujian nasional, bukan? Dan selanjutnya, termasuk kategori nama yang sarat makna.

alimikal2

Teman-teman setuju kan? ๐Ÿ™‚ Hmm, kalo sekarang sedang sibuk atau pusing milah milih nama untuk calon bayi anda atau keponakan anda, langsung konsultasi ke ahli nama bayi aja ๐Ÿ™‚

banner-gaarmitafibri

Advertisements

19 thoughts on “Namanya Alimikal Hayatafalah

  1. Waah namanya bagus ya maak.. Pengalaman saya ngasih nama anak itu bikin ragu-ragu dan lumayan puyeng.. mak desi mah kreatif nama anak bagus dan ga pasaran nih ..
    Salam ya untuk si kecil ๐Ÿ™‚

Comments are closed.