and Health · Food · Nutrition · Nutrition · Writing Contest

Tempe Yang Mendunia

Sejarah Tempe

Tempe pertama kali ditemukan di Pulau  Jawa pada beberapa abad yang lalu. Masyarakat Jawa mengembangkan  makanan fermentasi  dari kedelai yang disebut tempe ini , tanpa melalui pelatihan khusus.

Referensi paling awal mengenai tempe muncul dalam Serat Centini, yang mungkin ditulis sekitar tahun 1815, oleh Rangga Sutrasna. Dalam karya klasik tersebut , ada menyebutkan tentang bawang dan tempe mentah. Serat Centini,  ditulis dalam bentuk  sajak, bercerita tentang petualangan seorang pelajar  yang  berkeliaran di pedesaan Jawa.

Terus, darimana asal mula tempe?

Diketahui seorang ahli botani Belanda, Rumphius (1747), melaporkan bahwa mereka menggunakan tempe  di Jawa sebagai makanan dan pupuk hijau.  Sumber lain menyebutkan bahwa, tempe berasal dari pedagang-pedagang Cina yang datang ke Indonesia, kemudian menjadi makanan yang biasa dikonsumsi. Mengingat minimmya sumber catatan yang valid pada zaman dahulu, sangat sulit untuk memastikan dari mana asal sumber makanan fermentasi ini.

Mengenal Tempe

Tempe yang sudah mendunia
Tempe yang sudah mendunia creditpict: https://id.wikipedia.org/wiki/tempe

Tempe merupakan produk kedelai yang difermentasi oleh kapang Rhizopus Oligosporus atau Rhizopus oryzae. Proses fermentasi yang dialami tempe merupakan kunci utama dalam proses pembuatannya. Tahapan pembuatan tempe dimulai dari proses pembersihan kacang kedelai dari benda asing  seperti kerikil, ranting, kertas atau benda kecil lainnya. Kemudian proses pemasakan setengah matang kurang lebih selama 30 menit. Pengupasan kuliat ari menjadi tahap selanjutnya agar kapang dapat tumbuh dengan baik. Untuk menghilangkan keasaman saat perebusan diawal, kacang kedelai kemudian dicuci dengan menggunakan air bersih. Selanjutnya, dilakukan perebusan yang kedua, kali ini lebih cepat, sekitar 15 menit. Setelah itu, kacang kedelai didinginkan sebelum dilaukan proses inokulasi. Inokulasi adalah proses penambahan ragi, atau mikroba yang nantinya akan membantu proses fermentasi. Pada beberapa produsen tempe, proses peragian dilakukan sebanyak dua kali. Setelah 2 atau 3 hari, kedelai akan berubah menjadi tempe.

Kandungan Gizi Tempe

Kandungan gizi tempe dapat dilihat di tabel di bawah ini :

No Kandungan gizi per 100 gram Tempe
1. Energi (kkal) 482
2. Protein (g) 50.5
3. Lemak (g) 19.3
4. Karbohidrat (g) 26.6
5. Serat (g) 7,2
6. Vitamin B-1 (mg)

Vitamin B-2 (mg)

Vitamin B-3 (mg)

Panthotenic acid (mg)

Vitamin B-6 (mg)

Biotin (mcg)

Folic acid  (mcg)

Vitamin B-12 (mcg)

0.15

0.85

4.35

1

0.47

71

140-170

5

7. Calcium (mg)

Phospate  (mg)

Iron (mg)

347

724

9

Sumber : Tabel Komposisi Pangan (2009) dan Indonesian Tempe Forum (2013)

Dengan kandungan gizi yang hamper 500 kalori, 100 gram tempe sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehat. Selain membuat perut kenyang, tidak hanya memiliki kandungan protein tinggi, hal yang sama juga ditemukan untuk kandungan vitamin dan mineralnya.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Tempe merupakan makanan yang mudah dicerna dan bergizi tinggi. Berkat dari proses fermentasi, zat-zat gizi yang dikandung oleh tempe menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Tempe merupakan sumber protein dengan kandungan 8 asam amino esensial yang jumlahnya meningkat selama proses fermentasi. Saat ini , tempe  juga disebut sebagai pengganti daging, karena memiliki teksur, rasa, kandungan protein yang sama dengan daging.  Kacang kedelai dan tempe merupakan sumber makanan sehat yang baik untuk diet dan menjaga kesehatan jantung.

Menurut sebuah sumber, Jansen dan Donath pada tahun 1926 menunjukkan bahwa tempe mengandung vitamin anti beri-beri. Hal ini disebabkan karena kandungan dari tiamin (vitamin B1) yan terdapat pada tempe. Selain itu, disebutkan bahwa  kandungan vitamin A pada tempe sama dengan kedelai mentah.

Selama Perang Dunia ke II, tempe menjadi pilihan makanan bagi tawanan perang. Saat itu para tawanan perang banyak mengalami penyakit disentri dan edema, namun setelah mengkonsumsi tempe, para tawanan menjadi sembuh. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotik untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Kedudukan Tempe Dahulu Kala

Pada tahun 1945-1967, Presiden RI, Soekarno pernah menegur rakyat Indonesia dengan menyebutkan “Jangan menjadi bangsa tempe” untuk menyulut semangat para pejuang. Tempe pada masa itu menjadi makanan masyarakat bawah yang dipandang sebelah mata. Tempe selalu identik sebagai makanan orang miskin.

Meskipun geliat tempe banyak berlangsung di berbagai negara, namun posisi tempe di Indonesia tetap tidak diperhitungkan. Mengingat pada masa itu, Indonesia masih merupakan daerah jajahan Belanda, sehingga tak banyak usaha untuk mendokumentasikan perjalanan tempe dengan kondisi ironi masa itu. Ditambah lagi, pada masa itu terjadi peningkatan gaya hidup ala Barat, khususnya Belanda sehingga menyebabkan tempe semakin tidak dikenal.

Kedudukan Tempe saat ini di Mata Dunia

Saat ini, tempe sedang diusahakan untuk mendapat pengakuan di seluruh dunia. Banyak cara yang dilakukan untuk menaikkan derajat tempe ke tingkat internasional. Dan usaha tersebut sudah terbukti, dengan beberapa pencapaian berikut:

  1. Pencanangan tanggal 6 Juni sebagai Hari Tempe Internasional

Pencanangan tanggal 6 Juni, disesuaikan dengan tanggal lahir Sang Presiden, Soekarno. Wejangan Pak Presiden “Jangan menjadi Bangsa Tempe” menjadi titik balik dari tempe yang dipandang rendahan berubah menjadi makanan yang menjadi pilihan.

  1. Pembuatan standar produk Tempe oleh CODEX

CODEX sebagai badan organisasi dunia yang membuat standard sebuah produk makanan agar dapat diterima secara internasional sedang melakukan penetapan standardisasi produk untuk tempe. Dengan adanya standar tersebut, akan sangat memudahkan tempe menjadi produk perdagangan di kancah internasional.

  1. Tempe di Jepang

Saat ini, tempe menjadi makanan kesukaan di Jepang. Tempe diolah menjadi burger tempe atau steak tempe.  Pengusaha tempe asal Indonesia, Rustono, juga sangat memiliki andil dalam meningkatkan derajat tempe di Jepang. Video dibawah ini menunjukkan tempe sudah menduduki Jepang.

4. Tempe di Australia

Dua tahun yang lalu, saya mengikuti sebuah konfrensi internasional tentang soyfood atau tempe. Disana saya bertemu dengan seorang penyuka sekaligus pengusaha tempe di Australia. Nama beliau adalah Mr. Amita Buissink. Beliau sudah sering berkunjung ke Indonesia dan kunjungannya tersebut selalu bersinggungan dengan dunia tempe. Selain itu, beliau juga telah berkolaborasi dengan istrinya untuk menuliskan sebuah buku dengan judul “Tempeh, Food for the Future”. Senengnya, saya diberikan salah satu buku tersebut yang berisi resep masakan tempe dan manfaat tempe.

Saya dengan Mr. Amita ang Pengusaha Tempe dari Australia
Saya dengan Mr. Amita ang Pengusaha Tempe dari Australia

5. Resep Tempe Mendoan dalam bahasa Inggris

Pernah kepikiran untuk menuliskan resep masakan andalan Anda dalam bahasa Inggris? Menurut saya, ini cara paling smart untuk men-dunia-kan resep masakan Anda. Saya menemukan resep cara membuat tempe mendoan dalam bahasa Inggris, yang tentunya juga merupakan langkah nyata tempe menuju dunia internasional. Karya ini ole Lia Hartati, yang saya peroleh dari fanspage Tempe for the world .

Resep tempe mendoan dalam bahasa Inggris
Resep tempe mendoan dalam bahasa Inggris

Sama halnya dengan negara-negara yang bangga akan produk negrinya sendiri, seperti sake untuk Jepang, anggur untuk Perancis, keju untuk Belanda, kaviar untuk Rusia, kari untuk India, ada tempe untuk negara Indonesia.


sari husada gizi

Referensi:

http://www.forumtempe.org

http://travel.cnn.com/explorations/eat/readers-choice-worlds-50-most-delicious-foods-012321

https://id.wikipedia.org/wiki/Tempe

Advertisements

7 thoughts on “Tempe Yang Mendunia

  1. kalau di tegal sini tempe buat makan sehari-hari, baik dibikin sambal goreng tempe, pecak sambal, tempe mendoan, maupun bumbu kupat. lezat banget, mak. 😀

Comments are closed.