and Health · Food · Nutrition

Bersahabat dengan Pra-Menstruasi Sindrom

Wanita dan menstruasi sudah menjadi satu paket kehidupan. Setiap bulan kaum venus mengalaminya. Namun, tidak selamanya wanita menyambut baik kedatangannya. Terkadang nyeri menstruasi membuat wanita uring-uringan, mood berubah jadi buruk, atau terkadang nungging demi menahan nyeri. Saya termasuk salah satu wanita yang moodnya berubah kalo lagi menjelang datangnya haid. Hmm, nyeri-nya itu berasa banget di perut.

pms-stuff1

Menurut ahli kesehatan ada beberapa tipe Pre-Menstruation Syndrome (PMS).

1. PMS Tipe A (Anxiety)

Rasa cemas, sensitif, saraf tegang, perasaan labil adalah gejala PMS tipe ini. Bahkan ada yang sampai mengalami depresi ringan sampai sedang. Pemberian hormon progesteron kadang dilakukan untuk mengurangi gejala ini. Beberapa peneliti menyebutkan penderita PMS tipe ini bisa jadi kekurangan vitamin B6 dan magnesium. Penderita PMS ini disarankan banyak mengkonsumsi makanan berserat dan  membatasi asupan kafein.

2. PMS Tipe C (Craving)

Terjadinya edema (pembengkakan) pada perut, nyeri pada buah dada, tangan dan kaki serta terjadi peningkatan  berat badan, beberapa gejala tipe PMS ini. Penderita PMS ini dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam dan gula serta membatasi jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh.

3. PMS Tipe D (Depression)

Penderita PMS tipe ini punya keinginan yang kuat untuk makan makanan yang manis (seperti cokelat dan gula). Dorongan ini disebabkan karena mengalami stres, tubuh kekurangan asam lemak esensial (omega 6), atau kurangnya magnesium dalam tubuh. Konsumsi sayur-sayuran hijau, biji-bijian, gandum dan kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat (minyak biji tumbuhan, minyak sayur) untuk penderita PMS tipe ini.

4. PMS Tipe H (Hyperhydration)

Ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sulit dalam mengucapkan kata-kata beberapa gejala untuk PMS tipe ini. Untuk PMS tipe ini disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan sumber magnesium.

Untuk temen-temen yang merasakan nyeri perut saat PMS, ada beberapa posisi yang dapat diaplikasikan sehingga mampu mengurangi nyeri perut.

Posisi dengan peregangan kucing
1. Posisikan tubuh seperti gerakan akan merangkak
2. Kemudian perlahan-lahan naikkan punggung ke atas setinggi-tingginya
3. Tahan beberapa saat, lalu ulangi gerakan ini beberapa kali hingga nyeri pada perut berkurang.

Posisi janin
1. Tidurlah terlentang
2. Tarik lutut kearah dada sambil memeluk bantal
3. Agar terasa lebih nyaman, ambil botol berisi air hangat dan letakkan  pada perut
4. Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga merasa nyaman dan nyeri pada perut hilang

Cara untuk mengatasi kram perut

1. Duduk di atas tumit (kedua lutut ditekuk)
2. Secara perlahan, tekuk tubuh ke arah lantai sampai dada menyentuh paha
3. Kedua lengan dijulurkan ke arah belakang tubuh, biarkan lemas dengan kedua telapak tangan menghadap ke atas
4. Perlahan majukan tubuh hingga dahi menyentuh lantai
5. Pejamkan mata
6. Relakskan otot dan tahan selama 2 menit
7. Tarik napas secara mendalam lalu hembuskan
8. Lakukan latihan ini 3 kali untuk pemula dan 8 kali jika sudah terbiasa

sumber referensi :
http://m.menstruasi.com/node/64

sumber gambar :
http://theberry.com

Advertisements

2 thoughts on “Bersahabat dengan Pra-Menstruasi Sindrom

  1. Aku kok tipe a, c, dan d ya mba,,beberapa bln terakhir ini malah ada cenderung nafas berat malah,,heran jg,,klo lg pms emang agak berat,,biasanya aku seminggu sebelumnya udh mulai,,mungkin nnti ngikutin tips2nya itu yaa,,tengkyu ya mba,,

Comments are closed.