Writing Contest

Kanker Payudara dan Perlindungan Kesehatan

octobreast

Bukan sebuah hal yang mudah diterima akal sehat jika salah satu sahabat, keluarga, atau diri kita sendiri mengidap penyakit kanker. Kanker apapun namanya tetap saja serem mendengarnya. Terlebih jika kanker tersebut menyerang organ yang tidak hanya menjadi simbol sebagai wanita namun juga sebagai sebuah bentuk cinta yang akan didedikasikan khusus untuk seorang yang kita kasihi. Payudara, menjadi sebuah ‘aset’ masa depan yang dipercayakan untuk seorang ibu. Kelenjar ini menjadi wadah untuk  mengalirkan air susu buat buah hati. Jika kehilangan ‘aset’ tersebut, mungkin seorang ibu akan merasa sebagian dirinya turut hilang. Tiada lagi kelenjar yang akan menjadi jalan baginya berbagi lebih dekat dengan bayinya. ‘Aset’ tersebut juga menjadi salah satu jalan bagi si ibu merasa lebih sempurna dalam mengemban peran dan tugas sebagai ibu menyusui.

Kanker payudara merupakan penyakit tidak menular namun menempati urutan kedua setelah kanker leher rahim sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Kanker payudara terjadi karena  perubahan sel dan jaringan payudara menjadi abnormal, bertambah banyak, dan tidak teerkendali. Perubahan pola hidup dan menstruasi dini ( dapat haid pertama diumur 10 tahun)  diyakini sebagai faktor risiko terjadinya kanker ini. Selain itu faktor genetik, mengalami menopause setelah umur 56 tahun, tidak pernah melahirkan anak, melahirkan anak setelah umur 35 tahun, tidak pernah menyusui anak, pernah mengalami operasi payudara  juga turut mempengaruhi terjadinya kanker ini.

Untuk waktu pemeriksaan payudara untuk yang berumur 39 tahun kebawah harus melakukan pemeriksaan payudara secara bulanan. Untuk perempuan berumur 40-49 tahun ditambah dengan pemeriksaan mamogram tahunan. Sedangkan untuk perempuan yang berumur 50 tahun keatas melakukan pemeriksaan mamogram 2 tahunan.

Cara mudah dan praktis untuk mendeteksi dini keberadaan kanker payudara pada diri, dapat menerapkan praktek SADARI di kamar masing-masing, hehe. SADARI merupakan singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Cara ini diyakini efektif untuk mendeteksi dini kanker payudara. SADARI dilakukan dengan meraba sendiri bagian payudara, dan jika terdapat benjolan yang tidak biasa dan mencurigakan maka harus segera memeriksakan diri ke dokter  ahli. Adanya benjolan yang mencurigakan ini bisa terjadi karena pertumbuhan sel yang berlebihan atau pernah terjadi benturan berat.

Cara PemerikSAan PayuDAra SendiRI

Langkah A :
1. Perhatikan dengan teliti payudara Anda di depan cermin tanpa berpakaian, dengan kedua lengan lurus kebawah
2. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan warna kulit, perubahan puting susu, dan keluar cairan tidak normal
3. Angkatlah kedua tangan lurus keatas dan periksa paydara Anda

Langkah B :
Dengan kedua siku mengarah ke samping, tekanlah telapak tangan Anda yang satu kuat-kuat pada yang lain. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada Anda dan perubahan-perubahan seperti cekungan dan benjolan akan lebih kelihatan

Langkah C :
Lakukanlah pada kedua payudara, pencetlah pelan-pelan daerah di sekitar puting dan amatilah apakah keluar cairan yang tidak normal

Langkah D :
1. Berbaringlah dengan tangan kanan di bawah kepala
2. Letakkan bantal kecil dibawah punggung kanan
3. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan dengan gerakan seperti diuraikan (menekan dengan 4 jari)
4. Perhatikan bila ada benjolan yang mencurigakan

Langkah E :
1. Rabalah payudara dengan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan
2. Lakukanlah gerakan memutar dengan tekanan lembut, tetapi mantap dimulai dari pinggir dengan mengikuti putaran arah jarum jam

Langkah F :
1. Lakukanlah hal yang sama dengan langkah D, tetapi dengan tangan kiri dibawah kepala
2. Kemudian tangan kanan meraba payudara kiri Anda

Gejala kanker payudara dapat dilihat dari beberapa tanda dibawah ini,
1. Adanya benjolan yang permanen
2. Benjolan tersebut tidak sakit tetapi berasa keras ketika disentuh
3. Terjadinya penebalan pada kulit payudara atau ketiak
4. Perubahan ukuran dan bentuk payudara
5. Terjadinya pengerutan pada kulit payudara
6. Keluarnya darah dari payudara
7. Terjadinya tarikan pada puting susu

Cara ampuh untuk mencegah kanker payudara adalah memberikan ASI kepada buah hati Anda. Cara ini merupakan cara termurah untuk terbebas dari penyakit ini. Pola hidup yang sehat juga sangat membantu tidak hanya penyakit yang satu ini juga jenis penyakit lainnya. Tingginya kejadian ini yang terjadi di masyarakat menjadikan asuransi kesehatan menjadi hal yang dibutuhkan sebagai cara untuk melindungi dana keuangan bagi keluarga penderita.

2014-10-10_235427

Bentuk kepedulian yang besar terhadap penderita kanker payudara ini, Asuransi Astra wujudkan dengan meluncurkan produk asuransi kesehatan. Produk asuransi tersebut dikenal dengan nama Garda Medika. Garda Medika hadir sebagai penyeimbang ditengah semakin tingginya biaya kesehatan yang harus ditanggung penderita. Produk asuransi ini hadir dengan dua jenis produk, yang pertama : Basis Product untuk perlindungan rawat inap dan yang kedua: Additional Product untuk perlindungan rawat jalan, persalinan, gigi, dan kacamata. Jaringan Garda Medika yang sudah luas, juga telah menjalin kerjasama dengan 30 rumah sakit internasional. Call Center Garda Medika dapat dihubungi dengan akses 24 jam. Akses ini dapat dihubungi untuk meminta penjelasan mengenai informasi produk, kepesertaan, lokai provider, layanan klaim, otorisasi dan monitoring klaim.  Untuk informasi  lebih lengkap mengenai cara klaim dan pelayanan dapat dilihat lebih lanjut disini.

Deteksi dini untuk perempuan menjadi langkah awal untuk mencegah terjadinya kanker atau menegetahui kondisi riil payudara kita. Mari lakukan deteksi sekarang. Bagi saudara-saudara yang sedang mengidap kanker, semoga terus diberi kekuatan untuk terus bertahan dan semakin sehat. Semoga bergabung dengan produk asuransi kesehatan seperti Garda Medika menjadi salah satu cara untuk  melindungi keuangan Anda.

Salam Sehat

Sumber referensi:
http://penyakitkankerpayudara.com/
http://www.parkwaycancercentre.com/id/informasi-kanker/jenis-kanker/apa-itu-kanker-payudara/
Leaflet SADARI Yayasan Rama Sesana, Bali
http://www.asuransiastra.com

sumber gambar:
http://www.info-kes.com/2013/05/tanda-dan-gejala-kanker-payudara.html


Advertisements