Writing Contest

Smartfren, Kualitas Melangit dengan Harga Terjangkau

Kebutuhan smartphone di era digital seperti saat ini sangat menunjang performa setiap orang. Smartphone menjadi barang yang wajib dimiliki dan wajib dibawa kemana saja. Pernah dengar celotehan kocak sepasang  suami istri tentang smartphone?, kira-kira begini ceritanya.

Dulu banget kalo sang istri bangun pagi yang pertama kali istri lihat, ya suaminya. Tetapii,, itu dulu. Sekarang, jika istri bangun pagi bukan suami yang ingin dia lihat pertama kali, tetapi…. notification yang ada di handphonenya. Lihat perbandingan pengaruh perkembangan handphone sekarang ini, sampai merambah hingga sisi terdekat kehidupan kita. Smartphone tidak hanya sebatas fungsi menerima telpon atau mengirim pesan lagi, tetapi juga harus bisa digunakan apa saja mulai dari yang kepentingan ber-eksis ria, sharing update informasi, mengabadikan momen baik dalam bentuk foto atau video, game hiburan hingga kepentingan bisnis atau pekerjaan. Kalo bisa smartphone yang digenggaman harus mampu melakukan itu semua dengan harga yang terjangkau, Ahhh serasa mustahil. Yang bisa kita lakukan sebagai konsumen  harus cerdas yaitu dengan mengkomparasi smartphone dengan kualitas yang kita inginkan dan juga sesuai dengan kedalaman kantong kita.

Review dari Sobathape.com yang mengkomparasi smartphone Andromax Z dengan Samsung Galaxi Grand Duos (GGD). Kedua handphone ini memiliki  spesifikasi yang hampir sama sebagian besar dengan beda harga sekitar Rp. 400.000.  Smartphone Andromax Z di pasaran seharga Rp. 2.800.000 sedangkan smartphone Samsung GGD memiliki harga Rp. 3.249.000. Smartfren Andromax Z yang merupakan smartphone keluaran smartfren dengan spesifikasi dengan hardware tertinggi dari seluruh produk smartfren yang ada di pasaran. Hal yang membuat video ini menarik buat saya karena diawali dengan tampilan yang menuntun penonton tentang apa saja ayang akan diuraikan dalam video tersebut, yaitu dimulai dengan penampilan hardware review, software review.

Komparasi kedua smartphone

1. Penampilan fisik

Samsung Galaxi Grand Duos memiliki pinggiran yang membulat, dan  materi full plastik sehingga cukup ringan di genggaman. Smartfren Andromax Z juga memiliki tepian membulat dengan penampakan yang lebih kokoh karena lempengan logam yang erdapat di dekat kamera belakang. Andromax Z lebih tipis dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung GGD.

smartfren
Penampilan fisik dari Samsung GGD masih memiliki tombol capasitive home, sedangkan pada Andromax Z sudah pada on screen button, yang menambah kesan eksklusif smartphone ini.

2. Lebar Layar

Layar lebar smartferen Andromax Z sebesar 5.5 inci IPS beresolusi HD 1280  X 720 pixel yang menjadikan kita nyaman saat menonton video, bermain games dan merekam video. Sedangkan Samsung GGD memiliki lebar layar sebesar 5 inci TFT LCD WVGA.

smartsamsung
3. Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan kedua smartphone bisa dilihat di gambar dibawah, tampak bahwa kualitas gambar Andromax Z lebih detail dibanding Samsung GGD.

smartfren
4. Viewing Angle

Viewing angle Andromax Z juga lebih luas dibandingkan Samsung GGD.

2014-09-19_104211

5. Operating System

Operating system kedua smartphone adalah Android 4,2 jelly bean, yang merupakan sistem operasi terbaru dan terkini yang diterapkan di smatphone. Prosesor smartfren Andromax Z adalah quad core 1.5 GHz. Prosesor sekelas ini memberikan kecepatan respon dan kenyamanan saat membuka aplikasi, instal aplikasi, menjalankan aplikasi, dan multitasking capability.  Samsung GGD juga mampu  melakukan multitasking dengan prosesor 1.2 GHz Dual Core.
Android-Jelly-Bean-Logo

6. Kapasitas batere

Kapasitas batere Andromax Z sebesar 2500 mAh, jadi kalo lagi maen game gak pake khawatir baterenya abis. Sedangkan Samsung GGD memiliki kapasitas batere 2100 mAh. Resolusi layar dan prosesor yang lebih besar dari Andromax Z didukung dengan kapasitas batere yang lebih besar.

7. Dual sim card

Masing-masing merupakan smartphone yang dual sim. Andromax Z dengan fasilitas CDMA dan GSM, sedangkan Samsung GGD keduanya adalah GSM.

8. Kualitas Kamera

Masing-masing kamera dilengkapi dengan kamera utama 8 MP, kamera Andromax Z  memiliki Auto Focus dan LED Flash dengan tampilan kamera yang lebih eksklusif.  Kualitas kamera depan Andromax Z dilengkapi dengan kamera 2 MP.  Kedua kamera smartphone ini mampu mengambil foto dan memutar video dengan kualitas HD.

smartfren
9. Kemampuan Continuous Shoot

Kamera 8 MP  Andromax Z mampu mengambil photo burst atau continuous shoot (benda yang bergerak) sebanyak 99 kali in one click. Sedangkan pada Samsung GGD bisa mengambil gambar sebanyak 20 kali. Kecepatan mengambil gambar untuk Samsung GGD adalah  mampu mengambil gambar sebanyak 7 frame sedangkan pada Andromax Z sebanyak 18 kali. Untuk sobat yang suka foto levitasi,  Andromax Z mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

smartfren
10. Kualitas Video

Untuk pengambilan video Andromax Z dan Samsung GGd  mampu menghasilkan kualitas video HD. Samsung GGD menghasilkan video yang lebih detail dibandingkan Andromax Z.  Electronic Image Stabilizer pada smartfren Andromax Z menghasilkan kualitas video yang tidak bergetar.

 

smartfren
Komparasi hardware kedua smartphone

Gaming Test  dapat dijadikan salah satu indikator kualitas sebuah smartphone. Hasil gaming test menunjukkan kedua smartphone ini mampu menjalankan game dengan baik. Meski ada beberapa spesifikasi smartfren Andromax Z yang lebih unggul dibanding Samsung GGD.

Berdasarkan hasil benchmark kedua smartphone ini, sobat bisa liat sendiri komparasinya ya 🙂
smartfren
Fitur Khusus
Fitur khusus smartphone  Samsung GGD adalah fitur multi window sehingga bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.
samsung smartfren
Sedangkan Smartfren Andromax Z dilengkapi dengan suara stereo yang dihasilkan dari Dolby Digital Plus, teknologi yang menghasilkan suara surround digital yang lebih baik.

dolby
Andromax Z memiliki wireless display extension sehingga mampu menghubungkan Andromax Z ke layar yang lebih besar, sehingga kepuasaan Anda menikmati tampilannya menjadi maksimal.

Buat saya yang pekerjaannya harus terus eksis dan diwajibkan menghasilkan kualitas yang maksimal ,smartfren Andromax Z sangat cocok untuk hangout, bisnis, pekerjaan dan ber-narsis ria. Smartfren memang phone yang smart :).

Iklan I laf yuu di video-nya okke bgt deh, hehehe

Tulisan ini diikutsertakan dalam Video Comparison Blog Competition #SFANDROMAXBLOG

smartfren

 

Advertisements