Writing Contest

Al-Furqan Yang Selalu Tampil Beda

alquran-banner21
sumber disini

Penurunan Al-Qur’an

Alqur’an, sebagai kitab  diturunkan secara berangsur-angsur dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari. 12 tahun berlangsung saat masa kenabian Rasulullah SAW saat berada di Mekkah, yang disebut dengan Periode Makkiyah. Sebutan yang sama dengan surat yang turun pada masa ini, yaitu Surat Makkiyah. Dan dilanjutkan selama10 tahun, yang dimulai sejak peristiwa hijrah di Madinah. Surat yang diturunkan pada periode ini disebut dengan Surat Madaniyah.

Penulisan Al- Qur’an

Pencatatan ayat-ayat Al-Qur’an sudah dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Mulai dari pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit, daun kayu, pelana, potongan tulang belulang binatang oleh sahabat-sahabat Nabi seperti : Zaid bin Tsabit, Ali bin Abi Thalib, Muawiyah bin Abu Sufyan, dan Ubay bin Kaab.  Pencatatan Al-Qur’an ini juga dlanjutkan pada masa pemerintahan Abu Bakar dan disempurnakan qira’at-nya (pembacaannya) pada masa pemerintahan Utsman bin Affan.

Al-Qur'an Utsmani
Al-Qur’an Utsmani

Naskah kuno Al-Qur’an tertua ada di Kairo. Pada tahun 1923 sampai 1924, Alqur’an distandarisasi mengenai penomoran surah dan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan bantuan pemerintah Arab Saudi, Al-Qur’an disebarluaskan ke seluruh dunia.

Berikut dapat dilihat perkembangan penulisan Al-qur’an dari masa ke masa

This slideshow requires JavaScript.


Ternyata sejak dulu pun Al-qur’an sudah dicetak dengan penampakan yang cantik dan ciamik ya :). Masyaallooh.. Allooh yang jaga kemurnian  Alq-ur’an dan memberi petunjuk serta kemampuan pada manusia untuk bisa menghadirkan Al-Qur’an cantik di genggaman kita.

Pencetakan Al-Qur’an di Indonesia

Menurut salah satu sumber, Al-Qur’an dicetak pertama kali di Kota Palembang pada tahun 1848. Versi lain,  mengatakan bahwa Al-Qur’an dicetak pertama kali pada tahun 1950 di kota Surabaya. Tahun-tahun berikutnya, pencetakan Al-Qur’an semakin marak di Indonesia. Pada tahun 1957,  melalui Departemen Agama memproduksi Al-Qur’an cetak, terjemahan, kaset, maupun dalam bentuk rekaman ancaman.

Dunia penerbitan dalam pengembangan Al-Quran saat ini begitu pesat. Begitu banyak kecanggihan yang ditampilkan dalam sebuah Al-Qur’an. Perkembangan ini menyentuh sisi fungsional dan sisi fitur teknologi. Berbagai terobosan yang dilakukan merupakan salah satu cara untuk pemenuhan berbagai corak gaya hidup masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, anak muda, muslimah, hingg aorang tua. Dan juga turut memenuhi kebutuhan masyarakat yang serba ingin praktis, simpel dan lengkap.

Dari sisi fungsional,
Alqur’an dapat hadir dengan transliterasi latin, tajwid, terjemah kata per kata, fadhilah ayat, dan juga keutamaan surah.

syamil1
Alqur’an dapat dengan mudah dibaca karena dicetak dengan ukuran A5yang dilengkapi dengan pewarnaan tajwid. Al-Qur’an juga bisa dilengkapi dengan hadits shahih, intisari ayat, panduan tajwid, dan indeks tematik.

03-Bukhara-Hitam-Ada juga Al-Qur’an yang dicetak khusus untuk muslimah. Cantik dan  penuh warna, edisi cantik luar dalam :). Al-Qur’an ini dilengkapi dengan hadits tentang wanita dan keluarga dan materi-materi lainnya yang khusus untuk muslimah.

muslimah
Yang lebih canggih lagi, sekarang sudah banyak tersebar software Al-Qur’an digital yang dapat di download langsung ke handphone pribadi. Jadi, kalo memang memiliki pekerjaan dengan intensitas tinggi, sangat cocok punya software ini. membaca Al-qur’an bisa dilakukan dimana saja, praktis di genggaman, dan bisa kapan saja.

Terobosan dari sisi teknologi juga telah dihadirkan dalam bentuk Syaamil Note. Syaamil Note ini dilengkapi dengan tafsir Ibnu Katsir 30 Juz, Aplikasi Haji dan Umrah, E-book pustaka sains populer islami, Game A Ba Ta untuk anak-anak, terjemah per kata, dan masih banyak e-book lainnya. Huwaa, berasa punya ensiklopedia islami dalam genggaman ya?. Paket lengkap Syaamil Note yang satu ini.

Mau yang lebih canggih lagi?.. Masih ada lho 🙂
Al-Qur’an New Miracle The Reference namanya. Paket Al-Qur’an ini edisi terlengkap dan praktis.  Gimana nggak, paket Al-Qur’an ini mencakup 66 konten dalam 1 Al-Qur’an yang dikemas dalam format buku, DVD, dan CD audiobook. E-pen atau elektronik pena merupakan fitur teknologi canggih yang menjadi nilai tambah bagi paket Al-Qur’an ini.

Al-Quran  digital untuk para tunanetra

alquran tuna netra-horz
sumber disini dan disini

 

Tunanetra, kaum yang tidak memiliki kemampuan untuk melihat. Untuk yang memiliki kemampuan melihat, membaca Al-qur’an bukanlah sebuah kesulitan jika ia mau belajar dengan sabar dan benar. Namun, bagi saudara kita yang menyandang disabilitas untuk melihat, perlu kiranya perhatian khusus. Di Indonesia, Al-Qur’an yang khusus untuk para tunanetra ini disambut baik oleh para tunanetra muslim. Tidak hanya huruf latin, kaum tunanetra harus mempelajari lebih dahulu huruf arab Braille agar dapat membaca Al-Qur’an. Proyek penerbitan Al-Qur’an untuk tunanetra sudah dimulai sejak tahun 1974. Proyek ini sangat membantu para tunanetra untuk dapat merasakan nikmatnya membaca ayat-ayat cintaNYA. Namun ada baiknya, di era digital seperti saat ini, para kaum tunanetra juga turut merasakan kemudahan dan kecanggihan teknologi tersebut. Hadirnya sebuah teknologi Al-Qur’an digital yang khusus untuk kaum tunanetra menjadi sebuah terobosan baru untuk berbagi kemudahan. Kaum tunanetra tidak perlu lagi membawa Al-Qur’an braille yang sangat tebal sehingga tidak praktis untuk dibawa kemana-mana. Dengan desain dan teknologi khusus dari para ahli digital , semoga Al-qur’an digital untuk tunanetra bukan hanya sebuah mimpi.

poster-lomba-blogger-event-ikapi-PLUS-partner-web

 

 

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an
http://hasanalsaggaf.wordpress.com/foto-foto-bersejarah-2/%E2%99%A3-foto-mushaf-dari-zaman-ke-zaman/
http://journal.uin-suka.ac.id/media/artikel/ESN111201-PENCETAKAN%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DARI%20VENESIA%20HINGGA%20INDONESIA.pdf
http://www.jalancahaya.org/sejarah-perkembangan-al-quran-braille-di-indonesia.html

 

Advertisements

One thought on “Al-Furqan Yang Selalu Tampil Beda

Comments are closed.