Writing Contest

Pameran Buku Inspiratif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bangsa

jk-rowling-quotes-sayings-meaningful-cute-good-book11

Teman yang paling baik adalah buku, begitu bunyi salah satu pepatah. I don’t believe in the kind of magic in my books. But I do believe something very magical can happen when you read a good book. Kata J.K. Rowling. Saya yakin bin percaya pada kedua quote ini, betapa begitu banyak dan besar manfaat yang diperoleh lewat membaca. Akan banyak keajaiban yang terjadi dalam kehidupan kita, jika banyak membaca.

Mencerdaskan Masyarakat

Sejatinya untuk para pecinta buku, tidak perlu disentil lagi agar datang ke pameran buku. Para penikmat buku justru akan datang dengan sendirinya, mencari info lebih agresif tentang dunia perbukuan, apalagi yang namanya pameran. Kaki berasa gatel banget untuk datang lebih awal dan pulang lebih lama jika datang ke pameran buku. Kunjungan seakan belum lengkap jika belum mengunjungi seluruh stand yang ada di pameran dan belom pulang jika tentengan belum penuh. Mengunjungi pameran buku memberi kepuasan tersendiri bagi para penikmatnya.

Berbeda dengan sodara-sodara kita yang belum tersentuh akan nikmatnya membaca buku. Namun justru disinilah tantangan itu ada. Upaya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa akan tercapai jika bagian yang belum tertarik ini bisa berubah haluan dan masuk menjadi penikmat buku yang baru.

Yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana sebuah pameran buku tidak hanya disambangi para pecinta dan penikmat buku. Tetapi dapat menyentuh hati dan  menarik masyarakat lebih luas untuk datang ke pameran. Sehingga pameran buku dapat lebih ramai pengunjung. Lebih mengena ke masyarakat. Lebih bermanfaat. Keramaian pengunjung pada event apapun akan menimbulkan resonansi bagi masyarakat sekitar, atau bagi orang-orang yang tidak sengaja lewat di lokasi pameran. Keramaian menimbulkan keingintahuan pihak luar untuk turut berkunjung ke pameran tersebut.

Mengingat betapa banyak manfaat yang diperoleh dari membaca, kita perlu menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca buku. Kebutuhan tidak hanya berbicara tentang pemenuhan kebutuhan sejengkal perut, tetapi juga pemenuhan kebutuhan akal, rohani yang dapat terpenuhi dengan membaca. Hadirnya pameran buku dapat menjadi pilihan wisata bagi masyarakat menggantikan  “thawaf” di mall di akhir minggu.

Pameran buku Bandung 2014 ini bekerjasama dengan beberapa pihak, yaitu IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) Jabar, dan beberapa penerbit. Kerjasama ini memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu mencerdaskan bangsa.

Peranan IKAPI

IKAPI merupakan sebuah wadah komunikasi informasi antara anggota IKAPI dan juga seluruh pemangku kepentingan di seluruh industri buku di Indonesia. IKAPI beranggotakan 1126 cabang diseluruh Indonesia. Dengan jumlah yang tak sedikit, IKAPI  selektif dalam memilih penerbit yang mengusung tema2 positif dan membangun. SElain itu, IKAPI diharapkan mampu menghimpun kekuatan untuk dapat menghadirkan event-event inspiratif yang mampu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.
Salah satunya mengadakan pameran buku.

Langkah tersebut sudah sangat bagus. Langkah untuk menebar inspirasi untuk masyarakat. Menurut saya, tahapan selanjutnya setelah pengadaan pameran buku yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana minat beli buku tidak terhenti tetapi berlanjut menjadi minat baca. Sehingga buku-buku tidak hanya tersimpan dan tersusun rapi di rak setelah dibeli. Selain menargetkan naiknya minat baca buku di masyarakat, sekarang saatnya untuk meningkatkan kualitas baca masyarakat. Buku-buku berkualitas dan inspiratif diharapkan dapat hadir ditengah-tengah masyarakat.

Peranan Penerbit

Masih hangat ditelinga kita, isu tentang terbit dan beredarnya buku yang tidak layak baca untuk anak-anak. Buku yang mengusung tema pubertas menjadi santer topik pembicaraan. Buku tersebut terpaksa tidak dan berhenti beredar karena tidak mendidik dan merusak pola pikir anak-anak.  Hadirnya buku diharapkan mampu dapat memperbaiki moral masyarakat, bukan sebalinya.

Setiap penerbit baiknya melek isu-isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Hal ini berguna untuk mendukung diperolehnya informasi yang baik dan berguna serta uptodate untuk masyarakat. Kesesuain tema  yang up to date di tengah-tengah masyarakat juga akan mampu meningkatkan pendapatan para penerbit dengan banyaknya pembelian pengunjung.

Peranan Event Pameran

Betapapun mulianya tujuan dan niat IKAPI dan para industri buku, dalam hal ini penerbit, ujung tombaknya niat tersebut terletak pada pameran buku yang akan diadakan. Pengadaan pameran harus mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Syukur-syukur para pengunjung yang telah datang diawal menjadi promo berjalan yang menarik lebih banyak orang lagi untuk datang berkunjung ke pameran.

Intinya, bagaimana panitia menyuguhkan pameran yang menarik bagi masyarakat. Tidak hanya sekedar buku-buku yang di’pamer’kan. Menurut saya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menarik minat pengunjung datang ke pameran buku :

1. Pengadaan event-event seperti mengundang sosok sosok-sosok inspiratif dan penulis inspiratif. Anak muda dan masyarakat Indonesia butuh inspirasi, butuh contoh nyata untuk bisa berubah ke arah yang lebih baik

2. Harga tiket masuk pameran baiknya tidak terlalu mahal. Selain mengeluarkan dana di awal pintu masuk, pengunjung juga masih merogoh kocek untuk bisa membeli buku-buku yang dihadirkan di pameran.

3.Pengadaan diskon untuk para pelajar dan  mahasiswa baiknya diberlakukan khususnya untuk buku-buku pelajaran maupun buku pendamping. Diskon juga dapat diberikan untuk buku-buku inspiratif.

4. Pengadaan diskon atau tawaran paket buku denga harga yang menarik  di waktu weekend untuk menarik lebih banyak pengunjung.

5. Tersedianya satu stand khusus berisi buku-buku yang bisa dibaca gratis untuk  khalayak umum. Untuk bisa membaca buku, setiap pengunjung wajib membayar Rp. 1000 untuk setiap buku yang dibacanya. Pengadaan  biaya ini agar setiap pembaca bertanggungjawab pada tiap buku yang sedang dibacanya. Selain untuk memperluas kesempatan membaca dan berbagi inspirasi  bagi pengunjung, stand ini dapat meningkatkan pendapatan event pameran.

Tujuan mulia untuk kecerdasan bangsa hanya dapat diraih dengan kerjasama seluruh pihak. Dan tentu,setiap kita punya peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan masyarakat.

Mengutip puisi Taufik Ismail, yang berjudul Kupu-Kupu dalam Buku, dalam puisi itu tersurat indah, mendambakan sebuah negara yang cinta baca dimana budaya  baca dapat ditemui dimana-mana. Semoga impian itu dapat  terwujud di negeri kita Indonesia.  Berikut versi lengkapnya:

Kupu-Kupu Dalam Buku

Ketika duduk di setasiun bis, di gerbong kereta api,
di ruang tunggu praktek dokter anak, di balai desa,
kulihat orang-orang di sekitarku duduk membaca buku,
dan aku bertanya di negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika berjalan sepanjang gang antara rak-rak panjang,
di perpustakaan yang mengandung ratusan ribu buku
dan cahaya lampunya terang benderang,
kulihat anak-anak muda dan anak-anak tua
sibuk membaca dan menuliskan catatan,
dan aku bertanya di negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika bertandang di sebuah toko,
warna-warni produk yang dipajang terbentang,
orang-orang memborong itu barang
dan mereka berdiri beraturan di depan tempat pembayaran,
dan aku bertanya di toko buku negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika singgah di sebuah rumah,
kulihat ada anak kecil bertanya pada mamanya,
dan mamanya tak bisa menjawab keinginan-tahu puterinya, kemudian
katanya, “tunggu, tunggu, mama buka ensiklopedia dulu, yang tahu
tentang kupu-kupu,” dan aku bertanya di rumah negeri mana gerangan
aku sekarang,

Agaknya inilah yang kita rindukan bersama,
di setasiun bis dan ruang tunggu kereta-api negeri ini buku dibaca,
diperpustakaan perguruan,
kota dan desa buku dibaca,
di tempat penjualan buku laris dibeli,
dan ensiklopedia yang terpajang di ruang tamu
tidak berselimut debu karena memang dibaca.

by Taufiq Ismail (1996)

poster-lomba-blogger-event-ikapi-PLUS-partner-web

Sumber referensi:

http://www.ikapi.org/
http://ourchronicle.wordpress.com/2008/02/04/kupu-kupu-dalam-buku/

sumber gambar :
http://mkalty.org/books-quotes/

 

Advertisements

8 thoughts on “Pameran Buku Inspiratif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bangsa

      1. biasanya gitu mak, kalo yang suka bacaan seperti novel agak susah mengerti komik, saya dan suami contohnya dia novel mania tapi saya komik mania

Comments are closed.