Food, Nutrition, and Health · Writing Contest

Bersama Pureit, Minum Gak Pake Worry

air minum

Minum adalah sebuah kebutuhan hidup yang sifatnya urgent untuk dipenuhi. Kebutuhan untuk memenuhinya lebih utama dibandingkan kebutuhan untuk makan. Kita bisa menunda waktu makan, tetapi tubuh tidak bisa menunda lebih lama jika meminta untuk dipenuhi.

Air menjadi media yang sangat dibutuhkan ketika sangat kehausan. Ketika cuaca panas, habis berolahraga, setelah makan, habis ke-pedas-an, air menjadi hal yang dicari saat momen itu. Penting dan besarnya manfaat yang dimiliki, menjadikan air, satu materi yang harus dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Minum setelah makan, mutlak diperlukan biar tidak ‘seret’, materi ini tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan ini mutlak perlu.

Namun, ditengah besarnya manfaat yang diemban oleh ‘air‘, terkadang kita terlupa, air yang bagaimana yang layak kita konsumsi. Apakah seluruh air yang ada, berada di dalam perut bumi, termasuk dalam kategori yang layak untuk kita konsumsi sehari-hari?. Teman-teman masih ingat, cerita tentang saudara kita di Kutai Kertanegara, penduduk disana dilarang pemerintah setempat untuk meminum air dari Sungai Tenggarong akibat terkontaminasi bahan-bahan berbahaya. Ditambah lagi, penelitian tentang kondisi air isi ulang dari depo air minum isi ulang di wilayah jabodetabek tercemar bakteri, adanya bakteri E.coli. Akibatnya, wabah diare menjadi penyebab kematian terbesar kedua bagi anak dibawah usia lima tahun.  Kabar ini semoga membuka mata kita, bahwa betapa pentingnya kualitas kelayakan air minum yang kita konsumsi.

Selanjutnya, air yang dianggap LAYAK untuk diminum itu seperti apa?

Berdasarkan Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010, air minum itu adalah “air yang melalui proses pengolahan atau tanpa pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Ada dua syarat yang diwajibkan oleh pemerintah untuk disebut air minum yaitu:

1. Memenuhi syarat kesehatan, dan
2. Dapat langsung diminum

Lebih lanjut lagi, syarat kesehatan yang bagaimana yang harus dipenuhi?

Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, mikrobilogis, kimiawi dan radioaktif yang dimuat dalam parameter wajib dan parameter tambahan. Jangan jadi kusut dulu ya, baca yang beginian :). Kita lihat yang berhubungan langsung dengan kesehatan saja, biar lebih sederhana. Apa saja persyaratannya, ini dia :

air

Persyaratan Fisik:

1.Tidak berwarna / jernih
2.Tidak berbau
3.Rasa alami

ciri fisik air

Parameter biologis:
Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform

mikroba air

Parameter kimia:
1.TDS < 500.
Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
2.pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
3.Bebas zat kimia beracun
4.Tidak mengandung logam berat
5.Tidak mengandung pestisida

Tidak mengandung bahan radioaktif

Krisis air yang layak minum tersebut, harusnya tidak terjadi lagi. Sekarang, Pureit, sudah hadir ditengah-tengah kita. Bukan harus dengan Pureit, tetapi di era ini, Pureit telah membuang sebagian besar kesusahan Anda  untuk memperoleh air bersih menjadi air yang layak minum. Pureit, mengubah masalah menjadi solusi. Dengan teknologi yang dimilikinya, yang mampu mengolah air  tidak layak menjadi air layak minum, merupakan solusi dari krisis air layak minum yang dialami sekarang ini.

PUREIT MARVELLA HADIR SEBAGAI SOLUSI

Pureit Marvella adalah pemurni air berteknologi UV yang dapat mengubah air keran menjadi air minum. Wow banget kan? :).  Pureit Marvella sangat cocok untuk konsumen bergaya hidup modern yang sangat mementingkan kepraktisan.

Keunggulan Pureit Marvella adalah :

  • Terlindungi dari kuman berbahaya
    Pureit Marvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory.
  • Nyaman dan Praktis
    Pureit Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang.

pureit1Keempat filter tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. Filter sedimen untuk menghilangkan kotoran yang terlihat. Filter karbon aktif untuk menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau. Filter sedimen plus berfungsi untuk menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran. Sedangkan sinar UV intensitas tinggi menghilangkan kuman, parasit dan bakteri berbahaya. Keempat filter tersebut menyingkirkan seluruh materi yang mengubah status air tidak layak minum menjadi air yang layak minum.

Sisi Ekonomi yang menguntungkan

marvella-horzKalo udah ngomong tentang budget, agak sensitif ya, jadi harus terang-terangan. Secara ekonomi pemakaian Pureit Marvella jauh lebih ekonomis dan pasti berujung menguntungkan jangka panjang untuk pengeluaran keluarga. Harga air per liternya dengan menggunakan Pureit Marvella hanya sebesar Rp. 133. Jika dihitung penghematan per tahun jika memakai Pureit Marvella sebesar Rp 225.000,- sampai Rp 1.750.000,-. Itu baru setahun lho!. Gimana kalo udah bertahun-tahun, kebayang kan, pundi-pundi yang sudah dihemat :).

Pureit Marvella memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/ Perangkat Pembunuh Kuman) yang harus diganti setelah memurnikan 3000 liter air. Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di rumah Anda.

germ kill kit

Teknologi yang satu ini juga dilengkapi dengan alert system, yaitu:

  • Advance Alert System Memberi petunjuk 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/ orang/ hari
  • Auto shut off Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.
  • Kapasitas Penyimpanan 4 Liter.
  • Perlindungan fluktuasi tegangan listrik Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba.

Jadi, kalo udah pake alert system kayak gini, gak pake khawatir dongs minum dengan Pureit Marvella 🙂

Tertarik, tetapi masih bingung ikut bergabung memakai Pureit Marvella. Gak pake bingung, langsung aja hubungi kesini

  1. Suara Konsumen Pureit (pulsa lokal) 500258 (PSTN) atau 500258 (GSM)
  2. Email : pureit.indonesia@unilever.com
  3. Website : www.pureitwater.com/ID/Pemasangan gratis Pureit Marvella akan dipasang oleh teknisi Pureit yang berpengalaman tanpa dikenakan biaya pemasangan. Sebelum dipasang sumber air akan dicek untuk pengecekan dasar. Ditambah lagi,  Unilever memberikan jaminan garansi 1 tahun untuk kerusakan dari pabrik.Minum dengan Pureit Marvella, No worry ya :). Semoga tulisan baru di blog ini turut menyemangati semua untuk lebih semangat untuk menyehatkan diri dengan konsumsi air yang layak minum :).

 

 

Sumber referensi:

https://twitter.com/PureitIndonesia/

Sungai Terkontaminasi, Warga Dilarang Konsumsi Air

http://aswdindonesia.blogspot.com/2011/04/70-warga-indonesia-konsumsi-air.html
http://www.antaranews.com/berita/387369/40-persen-depo-isi-ulang-air-mineral-terkontaminasi-bakteri
http://www.hukor.depkes.go.id/up_prod_permenkes/PMK%20No.%20492%20ttg%20Persyaratan%20Kualitas%20Air%20Minum.pdf

Advertisements

4 thoughts on “Bersama Pureit, Minum Gak Pake Worry

  1. air minum yang layak, kalo bukan karena lomba blog pure it pasti belum banyak blog yang kasi info penting untuk masyarakat, iya seperti isi blog ini juga… mantap 🙂

Comments are closed.