Food, Nutrition, and Health · Writing Contest

Jangan khawatir, Obat Tb di-GRATIS-kan kok..

Setelah mengetahui ciri2 penderita Tb di postingan sebelumnya, kali ini kita akan berbicara mengenai pengobatan yang dilakukan bagi penderita Tb. Tidak seperti penyakit lain yang mengeluarkan biaya tinggi nan mahal untuk bisa sembuh, penderita Tb cukup datang memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas dan dijamin akan memeroleh pengobatan secara GRATIS. Ya, Anda tidak salah baca, pengobatan untuk penderita Tb diberikan secara gratis, secara cuma-cuma.

obat TB

Jadi kalo Anda salah satu penderita Tb, Anda tak perlu cemas dengan biaya pengobatan atau tidak yakin apakah penyakit yang Anda derita tersebut akan sembuh atau tidak. Dengan izin Allah, konsumsi obat yang GRATIS dengan patuh, penyakit Anda tidak akan meninggalkan jejak di tubuh Anda. Biaya pengobatannyapun 100% ditanggung oleh pemerintah. So.. tidak ada alasan lagi, kalo Anda mengidap Tb, tetapi belum juga sembuh hingga saat ini.

Jadi, please kalo disekitar Anda atau Anda sendiri, ada yang mengidap penyakit menular satu ini, tolong untuk diberi informasi tentang obat Tb gratis yang sudah disediakan oleh pemerintah.   Kasian banget kan, di zaman serba gadget sekarang ini, masih ada sodara kita di luar sana yang masih menderita penyakit ini.

Bagi Anda yang merasa mengalami batuk berdahak lebih dari dua minggu, terlebih jika ada darahnya, atau berat badan yang menurun drastis, serta sakit pada bagian dada, atang saja ke rumah sakit pemerintah atau puskesmas untuk memeriksakan diri. Mengetahui kondisi sebenarnya lebih baik bukan?. Kalo bukan kita sendiri yang awas terhadap kesehatan kita, siapa lagi. Orang lain kan belum tentu ‘ngeh’ sama hal-hal yang terjadi di tubuh kita sendiri.

Obat yang akan diberikan oleh dokter merupakan tablet kombinasi. Paket obat ini terdiri dari kombinasi obat Isoniazid, Rimpafisin, Pirazinamid, dan Entambutol. Tabel dibawah memberi gambaran siklus konsumsi obat yang harus dilakukan oleh  penderita Tb.

jenis-dosis-sifat-obat tb

Yang menarik dari cara penyembuhan dari penyakit ini adalah Anda akan mengalami pengobatan selama 6 bulan lamanya. Selain itu, Anda tidak boleh melewatkan satu hari pun dalam meminum obatnya, baik karena alasan lupa atau sibuk bekerja. Karena jika hal tersebut terjadi, maka Anda pun akan balik ketitik nol pengobatan, dalam artian bahwa Anda harus memulai dari awal pengobatan yang juga berarti masa penyembuhan Anda lebih dari 6 bulan. So, Jika ingin sembuh, Anda harus berkeinginan kuat untuk tidak melupakan hal penting ini dalam keseharian Anda.

Sebagai pengingat saja, buat Saudara yang kebetulan sedang mengidap penyakit ini:
1. Obat Tb itu GRATIS
2. Obat Tb harus diminum sesuai dengan resep dokter
3. Penghentian obat Tb harus dilakukan sesuai dengan izin dokter
4. Bersahabat dengan saran dokter
5. Patuh dan taat minum obat selama 6 bulan

Selain udara yang masih GRATIS diberikan oleh Tuhan, masih ada juga GRATIS yang lain yang bersumber dari pemerintah, yaitu Obat Tb. Mari manfaatkan jika memang sedang mengidap penyakit Tb ini.

Sumber referensi dan gambar :

http://www.cdc.gov/tb/topic/treatment/tbdisease.htm
http://info.gov.hk/tb_chest/contents/c6232.htm
http://medicallinkgo.wordpress.com/2012/04/12/tatalaksana-pasien-tb/

Advertisements

3 thoughts on “Jangan khawatir, Obat Tb di-GRATIS-kan kok..

  1. memang perlu banyak sosialisasi ke masyarakat ya karena yang bisa menjangkau info obat TB gratis ini memang ga semua apalagi saudara/i kita yang jauh dari internet dan gadget…hrs ada yang sosialisasi ke daerah2 padat penduduk 🙂

    1. tiap puskesmas biasanya memiliki penyuluh utk sosialisasi masyarakat, namun terkadang kesadaran diri dr masyarakat yang kurang, biasanya mereka mau didatangi petugas puskesmas

Comments are closed.