Food, Nutrition, and Health · Writing Contest

Temukan dan sembuhkan ‘Yulinda’ lain

2014-04-05_140644

Yulinda? siapa itu Yulinda?..Yulinda itu nama dari si mbak dengan foto diatas. Tapi.. sebelum berkenalan dengan mbak cantik nan gigih ini, Sahabat harus bersedia mendengar kisah yang ingin saya ceritakan.  Kenapa?.. Jawabannya ada di cerita selanjutnya ya, keep reading :).

****

Duluuu… banget, si mba Yulinda ini sahabatan sama Tb, akrab banget dah bedua. Tapi berhubung karena si Tb ini, membawa pengaruh negatif dalam kehidupan mba Yulinda (halah). berakhirlah sudah cerita mereka berdua. Mereka sekarang sudah putus hubungan.

Ada apakah gerangan?..
Apa yang memisahkan hubungan keduanya?
Apakah disebabkan orang ketiga?..
*gaya infotainment hahha
Mari kita mengambil hikmah dari pengalaman mba Yulinda ini.

****

Usut punya usut, ternyata si Tb ini tidak hanya sesuatu yang dihindari orang banyak. Tb ini juga tidak diharapkan oleh siapapun. Berharap tidak akan mengenalinya atau berteman dengannya. Sefatal itukah? Yup. Kisah ini  saya ceritakan agar Sahabat juga tidak sempat bertemu dengannya .

Tb itu apa atau siapa?

Tuberkulosis atau umum disingkat dengan Tb. Tb adalah salah satu jenis penyakit menular dan bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Nama bakterinya disebut Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru. Lebih fatalnya, bakteri ini bisa menyerang bagian tubuh yang lain seperti : ginjal, tulang belakang dan bahkan menyerang otak. Serem kan.. Berikut anggota tubuh yang bisa diserang oleh penyakit Tb.

rccm_tuberculosis_body
Organ tubuh yang dapat diserang oleh bakteri Tb

Setiap tahunnya, hampir 9 juta orang menjadi sakit karena penyakit ini. Dan di tahun 2012, 1,3 juta orang bahkan meninggal karena disebabkan penyakit Tb ini. Tahun 2013 kemarin, Indonesia baru saja  diberi penghargaan oleh USAID Global Health, karena berhasil mengendalikan penyakit ini. Semoga kita, bangsa Indonesia tidak terlena atas keberhasilan ini. Ancaman akan datangnya tantangan baru adalah tugas kita bersama sebagai warga Negara untuk sama-sama memerangi Tb hadir lagi.

Bagaimana cara penyebaran penyakit Tb?

Setiap orang bisa terjangkit penyakit Tb. Penyakit ini dapat menular karena disebarkan melalui udara. Bakteri Tb dapat ditularkan lewat udara dari seorang penderita Tb karena batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi. Namun Tb tidak dapat menyebar ketika bersalaman, berbagi makanan atau minuman, menyentuh toilet, berbagi sikat gisi, atau berciuman.

sneezing
Tb bisa menyebar melalui udara

Jenis penyakit Tb

Tb ada dua jenis, yang pertama infeksi Tb laten. jenis Tb ini bisa hidup di dalam tubuh tetapi tidak membuat sakit. Hal ini disebabkan karena tubuh masih memiliki kekebalan yang menghambat si bakteri untuk tumbuh. Orang yang mengidap infeksi ini tidak menyebabkan orang lain terinfeksi Tb. Namun, disaat tubuh sudah melewati batas ketahanan tubuh, bakteri ini bisa tumbuh dan bertambah banyak sehingga menguasai tubuh. Saat inilah orang tersebut positif mengidap penyakit Tb.

Tb jenis yang kedua adalah penyakit Tb. Jika bakteri si ‘myco’ sudah bersarang di dalam tubuh mengakibatkan  sistem kekebalan tubuh tidak bisa menghambat si myco ini untuk berhenti tumbuh. Alhasil, jika kita sering berinteraksi kita dapat tertulari bakteri tersebut.

Jangan khawatir, Tb dapat musnah dengan pengobatan

Pengobatan ini khusus untuk Tb jenis kedua. Pengobatan Tb membutuhkan pengobatan selama 6-9 bulan. Pengobatan Tb harus dilakukan dengan rutin. Jika penderita tidak melaksanakan pengobatan dengan rutin, mengakibatkan si penderita harus mulai pengobatan dari awal dengan perhitungan dari nol kembali.Kesabaran dan kepatuhan menjadi kunci sukses pengobatan.

Setiap penderita biasanya diberikan sejumlah pil yang wajib untuk diminum setiap harinya. Tingkat kesabaran pasien Tb harus tetap terus terpelihara dalam menjalani pengobatan. Sedangkan untuk pengobatan jenis yang pertama bisa dengan menjaga stamina dan kekebalan tubuh sendiri.

Bagaimana cara mengenali orang yang sudah terjangkit Tb?

Ciri-ciri terjangkit penyakit si myco ini dapat dilihat dari beberapa reaksi tubuh.Batuk berat selama 3 minggu atau lebih,Sakit di rongga dada, Batuk darah atau batuk berdahak,Gampang letih atau capek,Mengalami penurunan berat badan,Kehilangan selera makan,Menggigil,Demam,dan Berkeringat di malam hari merupakan beberapa reaksi tubuh yang ditimbulkan jika terinfeksi bakteri ini. Jika mengalami satu atau dua hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

tb
ciri-ciri yang sudah terjangkit penyakit Tb

Jika pernah terinfeksi bakteri myco ini di 2 tahun terakhir, memiliki penyakit diabetes, minum minuman beralkohol, mamakai narkoba, dan tidak berobat dengan teratur saat terinfeksi Tb dapat menjadi pemicu mengalami penyakit Tb kembali jika tidak menjaga kesehatan.

Orang –orang yang sering berinteraksi dengan pengidap penyakit Tb juga wajib melakukan uji/tes Tb. Uji Tb ini untuk mendiagnosa apakah seseorang tersebut terinfeksi penyakit si Myco

Nah, kalo Sahabat punya Sahabat yang juga temenan dengan si Tb, Sahabat bisa rangkul dia, dan juga menerapkan keterangan ampuh ini :

  1. Jangan panik tenangkan si pengidap. Berikan ia keterangan bahwa penyakit Tb memang penyakit besar tetapi penyakit ini bisa disembuhkan
  2. Bawa berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit terdekat
  3. Selalu ingatkan untuk meminum obatnya dengan rutin sesuai petunjuk dokter
  4. Patuhi nasehat dokter

****

Mba Yulinda diatas adalah salah satu penderita Tb yang sudah bebas dari Tb. Beliau sudah bersih dari bakteri si myco. Memang butuh kesabaran dan kegigihan untuk melalukan pengobatan rutin bagi penderita penyakit Tb. Tapi, Mba Yulinda sudah menunjukkan bahwa Tb itu dapat disembuhkan. Masih banyak ‘Yulinda’ lain di di luar sana, atau mungkin ada di lingkungan sekitar kita. Mari temukan ‘Yulinda’ lain dan mari bantu untuk sembuhkan mereka.

Mari temukan Tb dan turut serta sembuhkan Tb

sumber gambar  dan referensi :

sitemaker.umich.edu
http://www.depkes.go.id
http://www.cdc.gov
http://www.who.org
www.info.gov.hk

Advertisements

4 thoughts on “Temukan dan sembuhkan ‘Yulinda’ lain

Comments are closed.