Writing Contest

Bahan Bangunan Terpercaya dan Berkualitas

home-sweet-homeRumahku adalah Surgaku,
begitu pepatah yang sering kita dengar. Apakah ini sepenuhnya benar?.

****

“Rumah adalah sebuah tempat hunian yang harus nyaman dirasakan oleh penghuninya. Rumah tidak hanya tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, atau dari gangguan orang lain. Terlebih, rumah juga harus nyaman. Rumah  merupakan tempat untukmu beristirahat  dan anak-anak menghabiskan waktu untuk belajar. Jadi, usahakan agar memperoleh surga dunia dalam bentuk rumah yang nyaman”.

Begitu sering Bapak menyebutkan hal tersebut kepada kliennya. Secara bergantian pada setiap kliennya dalam satu hari. Dan terulang lagi esok harinya, jika bertemu dengan klien baru. Rumah saya posisinya berdekatan dengan tempat usaha keluarga, jadi tempat usaha keluarga juga menjadi arena bermain buat saya.  Secara tanpa sadar  pengulangan ucapan  Bapak tersebut terekam lekat dibawah sadar saya.

Bapak, tipe orang yang selalu mengutamakan kualitas. Hampir seperempat abad yang lalu, beliau aktif dalam ranah aktifitas pendirian bangunan. Beliau lebih banyak bekerja dalam projek pembangunan rumah.

Dengan biaya yang minimalis, beliau tetap mengusahakan agar setiap klien dapat memperoleh hasil bangunan yang terbaik. Mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak untuk memperoleh hasil bangunan yang maksimal dan tahan lama selalu menjadi pilihan mendasar bagi beliau dalam memberikan keputusan pemilihan bahan. Bangunan yang baik berasal dari perencanaan yang matang, pemakaian bahan-bahan bangunan yang terbaik dan ketepatan dalam mengambil keputusan.

****

Hal pertama yang dipilih dalam proses pembangunan  adalah pemilihan semen bangunan. Penggunaan semen sangat penting karena merupakan perekat bagi bahan-bahan bagunan yang lain. Dan pilihannya selalu tertuju pada semen tiga roda.

2014-03-31_115924
Semen Tiga Roda sebagai salah satu bahan bangunan yang memiliki peran penting

Pemilihan produk yang satu ini bukan tidak memiliki alasan, semen tiga roda memiliki banyak kelebihan, antara lain :

  • Perekat bahan bangunan semen yang baik secara fisik/kasat mata, tidak menggumpal.
  • Terdapat dua waktu yang diukur dalam campuran material bahan bangunan semen, yaitu waktu ikat awal (setting time) dan waktu ikat akhir (final setting). Waktu ikat awal adalah waktu yang dibutuhkan sejak semen bercampur dengan air dari kondisi plastis menjadi tidak plastis, dimana waktu yang dibutuhkan selama proses ini ± 45 menit. Waktu ikat akhir adalah waktu yang dibutuhkan sejak semen bercampur dengan air dari kondisi plastis menjadi keras. Ukuran standar adukan semen untuk menjadi kering antara 6-7 jam.
  • Material bahan bangunan semen yang kaya akan mineral dan logam dapat membantu menghasilkan campuran yang padat. Campuran yang padat menghasilkan bahan bangunan beton/plester/acian yang berkualitas.
  • Kualitas perekat bahan bangunan semen akan terjaga jika kemasannya juga terjaga, dalam artian tertutup rapat, tidak basah, dan tidak terdapat bekas tambalan.
  • Berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia)
  • Baik dalam penyimpanannya, semen yang baik ditumpuk secara berdekatan untuk mengurangi sirkulasi udara. Semen juga tidak boleh diletakkan langsung di atas permukaan tanah/lantai, tetapi diberi alas plastik, karton/palet kayu.

Kelebihan semen ini  juga didukung dengan produk berkualitas lainnya dari semen tiga roda, TR 30 acian putih.

bangunan
TR 30 Acian Putih yang menjadi perekat bahan bangunan

Acian putih dengan kualitas yang bagus akan menghasilkan bangunan yang berkualitas. Acian diperlukan untuk mencegah terjadinya keretakan pada dinding bangunan, sehingga diperlukan acian yang memiliki kualitas elastis yang baik. Produk TR 30 acian putih memiliki kekuatan elastis tersebut. Tingkat  kekuatan elastis yang direkomendasikan adalah seperti gambar dibawah ini.

bangunanKekuatan elastis bahan bangunan yang direkomendasikan

Dinding rumah yang baik adalah dengan menekan kuat penutup pada dinding (seperti plester dan acian) harus lebih rendah atau paling tidak sama kekuatannya dan lebih elastis dibandingkan dengan bahan material bangunan pembentuk dinding (seperti bata, dll). TR 30 acian putih produk semen tiga roda ini, terbukti lebih murah dan lebih hemat. Kalau tak percaya, silahkan simak keterangan berikut :

 

This slideshow requires JavaScript.

Untuk lebih lanjut mengetahui bagaimana cara penggunaan TR 30 acian putih, dapat mengetahuinya lebih lanjut disini.

So, percaya kan sekarang kalo tiap produk semen tiga roda diproduksi dengan perhitungan dan ilmu yang menunjang setiap wujud bangunan yang Anda inginkan. Kualitasnya juga tidak perlu ditanyakan lagi, berkualitas sejak dulu.

****

Sekarang Bapak sudah pensiun, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sesekali ada beberapa klien yang datang ke rumah, terkadang atas rekomendasi teman bapak terdahulu. Hal tersebut untuk berkonsultasi tentang pendirian bangunan. Tak ketinggalan wejangan baku terhadap kliennya.

“Rumah adalah sebuah tempat hunian yang harus nyaman dirasakan oleh penghuninya. Rumah tidak hanya tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, atau dari gangguan orang lain. Terlebih, rumah juga harus nyaman. Rumah  merupakan tempat untukmu beristirahat  dan anak-anak menghabiskan waktu untuk belajar. Jadi, usahakan agar memperoleh surga dunia dalam bentuk rumah yang nyaman”.

membangun

Utamakanlah kualitas untuk mendapatkan hasil bangunan yang maksimal.

semen tiga roda

 

Sumber referensi :

http://www.sementigaroda.com/blog/ciri-ciri-semen-yang-baik/
http://www.sementigaroda.com/blog/acian-semen-vs-mortar/
http://www.sementigaroda.com/blog/membuat-dinding-yang-baik/

sumber gambar : google image dan http://www.sementigaroda.com

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Bahan Bangunan Terpercaya dan Berkualitas

  1. rumah memang penting sekali, jika rumah nyaman dan aman semua terasa tenang, sepakat pakai yang perekat bangunan yng berkualitas supaya nyaman dan aman di dalam maupun d luar rumah “no worry”

Comments are closed.