Lingkungan · Writing Contest

Wujud Cinta Lingkungan Menuju Perubahan

Masih hangat dalam ingatan, banjir yang terjadi di ibukota. Hampir seluruh badan kota Jakarta ditutupi oleh banjir.  Bukan waktu yang sebentar bagi warga ibukota hidup dalam kondisi banjir disekeliling. Tidak hanya gedung-gedung bertingkat, banjir turut memenuhi gang-gang sempit dengan ketinggian air yang tak wajar. Hingga dua meter, ketinggian air banjir yang menggenangi dan bahkan menenggelamkan rumah-rumah warga. Kerugian yang tidak sedikit pun dialami, kerugian materil dan non materil. Banjir menelan rumah-rumah beserta isi didalamnya. Meruginya anak-anak yang tidak bersekolah selama banjir terjadi. Hilangnya kesempatan atau terganggunya waktu dan kondisi untuk melanjutkan pekerjaan. Terlebih mengalami kerugian hilangnya privasi di tempat pengungsian.

This slideshow requires JavaScript.

Sejenak berpindah pulau. Temui asap Riau yang menuai polemik politik. Asap yang diakibatkan entah oleh ulah siapa. Asap menyelimuti  bumi Riau dan tetangganya hingga sampai ke negeri Singapura. Tak tangung-tanggung jarak pandang akibat asap bisa hanya sejauh 2 meter. Mengerikan!. Asap menjelma menjadi kabut bak asap putih yang menunggu pemeran utama keluar menuju stage. Namun, tidak terjadi untuk hal yang ini.  Pelaku-pelaku yang tidak bertanggungjawab terjadinya kebakaran ditelan bersama kabut asap. Tersangka utama penyebab hadirnya asap tak muncul-muncul jua. Polemik politik justru yang malah hadir.

Dua masalah lingkungan yang membuat hati miris. Tentu saja turut meringis, sudahkah kita juga turut dibutakan oleh asap. Bingung membedakan mana yang disebut bencana atau kerusakan akibat ulah tangan sendiri. Banjir Jakarta menyalahkan si Kota Hujan yang katanya terus mengirimkan hadiah banjir. Asap Riau menyalahkan musim kemarau yang memicu terjadinya kebakaran.   Entah akan bagaimana keberadaan hutan Indonesia yang jadi paru-paru dunia kelak.. Apakah rumah apung dan gedung apung akan menjadi pilihan bangunan yang akan direkomendasikan karena fenomena banjir Jakarta yang tak kunjung menemukan titik terang. Saya sendiri takut membayangkan akan bagaimana kelak Indonesia ke depannya.

This slideshow requires JavaScript.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sekarang?

Setelah bencana terjadi, tindakan evaluasi menjadi solusi pertama yang bisa kita lakukan. Bukan hal yang mustahil, kejadian yang sama bisa terbalik menimpa kita. Setiap kerusakan atau bencana datang tanpa permisi, tanpa unggah ungguh. Kita harus evaluasi diri dari apa yang telah terjadi. Kita dan saudara-saudara kita yang sudah menjadi korban tidak hanya butuh doa bukan?. Kita semua butuh dukungan tindakan, tindakan nyata untuk memperoleh sebuah perubahan. Tuhan pun berjanji, bahwa IA tidak merubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak merubah keadaannya sendiri. Jadi, kita harus berubah untuk memperoleh keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana caranya?

Satu-satunya cara adalah mari kita semua ingat lingkungan. Ingat yang diungkapkan dalam sebuah tindakan tulus penuh arti. Mulailah dari hal yang sederhana, tidak usah muluk-muluk. Apapun profesi kita sekarang, dari latar belakang manapun kita berasal, kita bisa menyumbang tindakan nyata untuk lingkungan terdekat kita. Mari cintai lingkungan.

2014-03-26_131612
Beberapa tindakan bentuk cinta seorang ibu rumah tangga terhadap lingkungan
Minimalist-Poster
Beberapa bentuk tindakan cinta lingkungan dari pekerja kantoran

Sebagai ibu rumahtangga, bentuk tindakan cinta lingkungan yang bisa diterapkan misalnya pengurangan pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari, hemat energi listrik di rumah, mematikan keran air jika tidak dipergunakan lagi, memakai penampungan untuk pompa air agar lebih efisien atau mengajarkan kepada anak-anak dan keluarga untuk turut serta mencintai lingkungan.

Sebagai pekerja kantoran, tindakan yang dapat dilakukan misalnya tidak menyalakan lampu saat siang hari, tidak rakus dalam menggunakan kertas,  mengenderai sepeda ke kantor jika tidak terlalu jauh, meng-hibernate komputer jika tidak dipakai, mematikan alat elektronik, mencabut kabel setelah selesai menggunakan, menggunakan kertas bolak-balik juga dapat menjadi pilihan.

Sebagai blogger, Sahabat bisa meng-kampanyekan cinta dan ingat lingkungan melalui tulisan – tulisan yang  Sahabat ‘publish’ di blog. Sahabat bisa mengedukasi masyarakat mengenai isu lingkungan dan gaya hidup hijau dengan jangkauan yang lebih besar dan lebih luas.  Era informasi yang merajalela menjadikan tulisan Anda di-blog menjadi salah satu cara menghidupkan kembali Indonesia, menyalakan terang di saat temaram Indonesia, menyulutkan semangat yang mulai kurang nafas di negeri Indonesia. Anda juga bisa melakukan tindakan dengan mengurangi penggunaan plastik, memakai transportasi umum dalam kehidupan sehari-hari, hemat kertas, atau tindakan hemat air.

WWF sebagai sebuah organisasi yang memfokuskan kegiatannya untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan lingkungan, saat ini juga mengambil peran dengan menciptakan duta-duta lingkungan untuk menyebarkan dan mengedukasi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa tips dan cara cerdas hemat listrik yang bisa Sahabat terapkan di rumah 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Selain dengan tindakan nyata yang kita bisa lakukan terlepas apapun profesi kita. Kita, rakyat Indonesia butuh seorang pemimpin yang visioner dan cinta lingkungan. Pemilu sudah di depan mata, kurang dari dua minggu akan digelar. Kita berharap pemimpin negeri kita yang tercinta tidak hanya kredibel dan kapabel dalam memimpin pemerintahan dan negeri, tetapi juga seorang pemimpin yang cinta dan peduli terhadap lingkungan. Masa pemerintahan selama 5 tahun, bukan waktu yang sebentar. Banyak potensi-potensi tindakan nyata cinta lingkungan yang dapat dikembangkan dan diciptakan.

Itu sebabnya, rakyat Indonesia butuh seorang pemimpin yang peduli lingkungan.
Seorang pemimpin yang punya niat kuat untuk menjaga keutuhan pohon-pohon yang sedang perlahan tumbuh sekarang, bukan eksploitasi tanpa tanggungjawab.
Seorang pemimpin yang punya niat kuat untuk menjaga kepunahan spesies, bukan pembiaran tanpa dibatasi peraturan.
Seorang pemimpin yang punya niat kuat untuk menurunkan potensi polusi dalam kehidupan sehari-hari, bukan pemerintahan tanpa perbaikan.
Seorang pemimpin yang punya niat kuat untuk mengelola dengan bijak sumber daya alam yang menjadi kekayaan utama Indonesia.

Berikut beberapa contoh Presiden di US yang juga cinta lingkungan

This slideshow requires JavaScript.

Rakyat butuh kehidupan yang lebih baik, lebih aman lebih nyaman, dan lebih tentram. Jika bukan dari tekad kuat seorang pemimpin  yang cinta lingkungan, kepada siapa lagi, rakyat akan menumpukan harapan itu. Berharap penuh, tidak akan terulang lagi kisah-kisah banjir Jakarta versi baru di masa depan. Tidak akan hadir lagi pembakaran-pembakaran liar yang hingga mengirimkan paket asap ke negeri tetangga. No More !.

Sumber gambar : Google image

sumber referensi :
https://twitter.com/WWF_ID
http://www.mnn.com/earth-matters/politics/photos/6-eco-friendly-presidents/

Advertisements

8 thoughts on “Wujud Cinta Lingkungan Menuju Perubahan

  1. selalu ada ilmu baru dan pengetahuan baru tentang lingkungan, semoga selalu bisa menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik aamiin 🙂

Comments are closed.