Writing Contest

We are The Future Leaders.. Yes, We are..

Ready_to_Be_LeaderMenjadi pemuda itu pasti, tetapi menjadi Pemimpin itu adalah PILIHAN.

Setuju kan?.. Meski sejatinya, seluruh manusia yang lahir ke bumi adalah seorang pemimpin, at least, menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri.  Menjadi pemimpin bagi diri sendiri adalah mutlak terlebih jika ingin menjadi pemimpin bagi orang banyak.

Sebagai pemuda, yang masih perlu banyak belajar dan masih perlu banyak bertumbuh, bukanlah sebuah kemustahilan untuk mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin,  bukan hanya untuk memimpin diri sendiri tetapi sebagai pemimpin bangsa.

Pernah denger salah satu celoteh ini,

1

2

3

Menurut saya, ketiganya adalah benar.

Leader are born, not made. Pendapat ini benar. Kita lihat saja, ada beberapa individu yang memang sudah memiliki jiwa pemimpin sejak ia dilahirkan. Misalnya saja pemimpin-pemimpin seperti nabi atau tokoh agama, mereka sudah merupakan insan pilihan untuk menjadi pemimpin umat.

Leader are not born, but made. Pendapat ini juga benar.  Setiap orang bisa menjadi pemimpin, tidak memandang ia dilahirkan ataukah dibentuk menjadi pemimpin.  Setiap individu bisa dibentuk menjadi pemimpin dengan pendidikan, pelatihan atau kebiasaan. Seperti kenaikan jabatan dari seorang karyawan menjadi manajer di sebuah perusahaan karena sarat pengalaman dan pengetahuan perusahaan.

Pendapat yang ketiga juga benar, yaitu Leader are born and made. Seseorang yang sudah dilahirkan untuk menjadi pemimpin dan dipertajam dengan kondisi keluarga ataupun lingkungan. Banyak contoh nyata yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Maka melihat hal tersebut, bukan hal yang mustahil  bagi setiap individu, terkhusus bagi pemuda  untuk  menjadi pemimpin.

Dipilih atau diminta untuk menjadi pemimpin dalam sebuah kumpulan orang akan mengemban sebuah amanah. Sebuah amanah yang menjadi tumpuan harapan orang banyak, harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih damai, lebih sejahtera, dan lebih bahagia dari masa sebelumnya.  Pada pundak setiap pemimpin bercokol timbunan harapan rakyatnya.

Timbunan harapan ini dapat diwujudkan dalam bentuk sebuah tanggungjawab. Pada  setiap kepemimpinan akan dimintai pertanggungjawaban. Tanggungjawab ini harus dapat ditunjukkan selama masa kepemimpinan  bahkan hingga akhir hayat hidupnya. Amanah bukanlah hal yang sepele. Sepaket amanah berbanding lurus dengan sepaket bahkan lebih tanggungjawab. Pertanggungjawaban tersebut tidak hanya untuk di dunia namun juga yang utama untuk akhirat.

Idealnya, pemimpin harus menyadari bahwa tanggungjawabnya bukan hanya untuk yang dipimpinnya tetapi tanggungjawabnya kepada yang sudah memberikan amanah kepemimpinan untuknya, Tuhan Yang Maha Esa. Menjadi pemimpin yang ideal dimata setiap orang bukanlah perkara yang mudah, tetapi jika memegang satu sikap yaitu untuk menjadi pemimpin yang ideal di hadapan Tuhan akan mengayomi semua permintaan ideal di mata orang banyak.

Lalu bagaimana menjadi atau belajar menjadi  pemimpin yang ideal?

Berikut ada 5 kriteria yang merupakan ciri-ciri  pemimpin ideal :

  1. Menjadikan ilmu agama sebagai landasan kepemimpinan. Setiap pemimpin idealnya mengaplikasikan nilai-nilai agama guna mewujudkan kehidupan yang lebih bermartabat untuk rakyatnya.
  2. Mengemban amanah bukan menyalahgunakan kekuasaan. Kepemimpinan melahirkan kekuasaan dan wewenang. Hak prestige ini harus dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya bukan semau-maunya.  Misalnya memutuskan perkara dengan adil, tidak melakukan praktek KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme), tegas dalam mengambil keputusan.
  3. Cerdas. Pemimpin itu harus cerdas, cerdas dalam bersikap, cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam mendelegasikan  dan yang terpenting  cerdas dalam mengelola masalah.
  4. Bertindak sebagai pelayan umat. Menjadi pemimpin adalah seseorang yang siap lahir dan batin untuk mendedikaskan seluruh waktunya demi memperjuangkan dan mewujudkan harapan umat menjadi nyata.
  5. Kredibel dan Kapabel. Seorang pemimpin itu harus kredibel; memiliki kekuatan untuk dipercaya dari yang dipimpin. Pemimpin juga harus kapabel, mampu  bertindak sebagai pemimpin, jika tidak kapabel tinggal menunggu kehancuran negara.

We are the Future leaders

Pemuda pemudi pada masa kini akan menjadi pemimpin  di masa depan bangsa. Baik pemimpin yang berasal dari pemuda yang terlahir sebagai pemimpin  atau pemuda yang dibentuk untuk menjadi pemimpin.

Di tangan pemuda-lah tongkat estafet  kepemimpinan akan berpindah.
Di pundak pemuda-lah harapan seluruh bangsa akan bertumpu.
Di langkah pemuda-lah langkah laju jalan pemerintahan akan berlanjut maju atau bergerak mundur.

Pemuda, bersiaplah untuk mengemban amanah luhur itu. The youth, You are the future leaders. Absolutely… we are.

Sumber gambar :

http://www.princeton.edu/~oa/leaders/

Advertisements

5 thoughts on “We are The Future Leaders.. Yes, We are..

Comments are closed.