Writing Contest

Ketika Taka mengenal TAKUMI

2014-03-20_202124Hari ini Taka mau sharing info lagi buat sahabat semua, infonya menarik abis. Seperti biasa, Sahabat bakal gak rugi kalo bertandang ke rumah Taka :). Pasti gak pengen ketinggalan info ‘hot’ yang satu ini kan?.

Biar lebih seru, Taka ada teka teki nih, coba tebak ya Sahabat ๐Ÿ™‚
Info yang mau dishare ada kaitannya sama petunjuk ini kok.. *gak ribet kan?
Petunjuknya,
1. Dia adalah sebuah nama factory
2. Factory ini bergerak dibidang elektronik
3. Factory ini sudah berdiri cukup lama
4. Namanya pasti sudah akrab di telinga Sahabat
5. Kalo dalam bahasa inggris, nama factory ini mempunyai makna ‘ tajam’, “pasti gakย  bingung lagi dong?” ๐Ÿ™‚
6. Yang ini, bisa jadi tambahan petunjuk, kualitas factory-nya mirip sama nama Taka sendiri ๐Ÿ™‚ *numpang narsis ๐Ÿ˜‰

Petunjuk diatas udah jelas banget khan?..ย  Pasti tau dong sekarang apa jawabannya. ๐Ÿ™‚ย  Untuk mengurangi salah paham, kita samakan persepsi ya. And the answer is SHARP Factory. Pada bener dong semua tebakannya :). Akrab banget kan sama produk factory yang satu ini..Trus hubungannya sama nama Taka sendiri apa ya?. Kalo pertanyaan ini, nanti Sahabat tau sendiri dari cerita Taka. Enjoy sampai akhir cerita ya Sahabat ๐Ÿ™‚

Info terbarunya adalah berdirinya pabrik baru dari Sharp. Naaah, namanya ini yang mirip sama nama Taka sendiri, pabrik baru ini punya nama lengkap SHARP TAKUMI FACTORY. Tuuuh, bner kan namanya mirip Taka, hehe beda tipis kan? Iya-in aja ya, daripada kena timpuk ;).

Perkembangan dari pabrik elektronik yang satu ini, bisa dilihat di gambar berikut :

2014-03-20_2337402014-03-20_235727

Hampir 44 tahun sudah SHARP hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Selaras dengan meningkatnya permintaan masyarakat untuk kebutuhan elektronik, SHARP mendirikan pabrik kedua di Karawang International Industry City. Pabrik baru ini memiliki luas sebesar 31 hektar. Pabrik ini terbagi dua berdasarkan jenis produksinya, yaitu pabrik mesin cuci dan pabrik lemari es. Pabrik baru ini fokus untuk kedua jenis produk tersebut.

Peletakan batu pertama telah dilakukan tanggal 7 Juni 2012 oleh President Director PT Sharp Electronic Indonesia, Fumihiro Irie. Produk yang dihasilkan pabrik ini ditunjukan untuk konsumen kelas bawah hingga menengah di Indonesia, dan juga akan diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika.

2014-03-20_1757012014-03-20_175822

Pabrik SHARP ini menerapkan konsep super green factory yang hemat energi dan sistem panel surya yang mampu menghasilkan energi.

 

Mengenal Pabrik Mesin Cuci

This slideshow requires JavaScript.

Kapasitas produksi mesin cuci di pabrik Sharp Karawang adalah sebesar 1.680.000 mesin cuci pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.

Mengenal Pabrik Lemari Es

This slideshow requires JavaScript.

Dengan tingkat kesulitan yang rumit dan lebih tinggi dibanding proses pembuatan mesin cuci, diperlukan keahlian, ketelitian, serta kecepatan kerja karyawan. Pabrik baru ini menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.640.000 pertahun atau sekitar 2 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.

Production Control

Untuk memastikan produk terbaik yang dihasikan pabrik SHARP, peran penting ini dipegang oleh divisi Quality Control. Quality control langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik.

Untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan standar kualitas, pabrik baru ini dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV). Teknologi AGV ini mulai digunakan meluas di abad 20, teknologi ini berupa mobile robot yang mengikuti tanda atau wire di lantai dan umumnya digunakan untuk memindahkan benda sehingga mampuย  menghemat banyak waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi.

2014-03-20_1806542014-03-20_180730Production control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, setiap saat. Informasi mengenai jumlah aktual produk yang dihasilkan dan target produksi dapat diketahui secara langsung melalui layar informasi.

20140227_093500
Update proses produksi

Fasilitas Karyawan

Sebagai ujung tombak berproduksinya sebuah pabrik, kepuasan karyawan menjadi salah satu kuncinya. SHARP mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhan karyawan. Fasilitas ibadah berupa mesjid, ditambah dengan klinik kesehatan, kantin, koperasi, showroom dan lapangan sepak bola disediakan untuk memenuhi kebutuhan karyawan.

This slideshow requires JavaScript.

Kualitas Takumi

Naahh, yang ini Taka boleh berbangga ya, ini rahasia SHARP yang baru. Kualitas produk yang dihasilkan SHARP adalah kualitas Takumi. Takumi itu apaan ya?. Takumi itu maksudnya adalah ‘ahli’, berasal dari bahasa Jepang. Asal negara kakek-nya Taka Sahabat :). Gak ada yang nanya yah, hehehe. just for your info :). Di Jepang, Takumi selalu menjadi panutan dalam melakukan setiap pekerjaan. Mereka selalu ingin mempersembahkan karya terbaik.

“Semangat Takumi ini berangkat dari keinginan besar untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia.”

Pelatihan karyawan di pabrik SHARP adalah pelatihan kualitas TAKUMI. Semangat ketekunan masyarakat Indonesia dan kemahiran Takumi Sharp dipadu dalam bentuk pelatihan yang berkelanjutan.

2014-03-20_180900Perkembangan kualitas TAKUMI dapat dilihat di gambar berikut:

2014-03-21_114546

CSR Untuk masyarakat dan Lingkungan

This slideshow requires JavaScript.

Selain menjalankan bisnisnya, SHARP juga melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan bentuk tangggung jawab untuk mewujudkan bisnis yang ramah lingkungan, sadar kesehatan, fokus pada produk hemet energi, mengembangkan produk penghasil energi serta secara aktif melaksanakan kegiatan pelestarian alam dan pendidikan lingkungan.

2014-03-21_1214512014-03-20_181307-horz

Silahkan menikmati TAKUMI dari SHARP. Selamat ber-SHARP ria di rumah ๐Ÿ™‚

Sumber Gambar :

http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/event/
http://www.google.co.id

Advertisements

2 thoughts on “Ketika Taka mengenal TAKUMI

Comments are closed.