Writing Contest

Tak Bisa Ke Lain Hati

Berawal dari suka baca novel dan tergelincir,  tentunya tidak sengaja,  pada novel dengan genre background  benua biru  menjadikan saya  menjadi seorang traveler imajinatif selama ini.  Gimana gak?.. Ratusan halaman  dari sebuah novel mampu mentransform kata-kata penulis menjadi sebuah mantra ajib. Mantra ini mampu menarik saya masuk ke dalam cerita, dan seakan turut ikut  dalam setiap adegan cerita novel tersebut.

Membayangkan  saat pertama kali menyentuh dinginnya salju, yang  kata sahabat saya itu seperti es serut, jadi bisa buat es campur  meski rasa tawar.

Berfoto ria dengan daun 5 lekukan yang disebut maple  saat ia berguguran.  Sebuah daun yang buat saya cantik banget saat dia berwarna merah, tetapi lagi2 hanya layak sampah daun kata sahabat saya saat  tiba di negara empunya-nya.

5174947-autumnal-ornament-red-leaves-of-maple
si Cantik Maple (6)

Duduk dan menikmati minum teh ala Turki di belakang mesjid Hagia Sophia dan bertemu dengan pemilik yang kukenal baik lewat novel  dan ingin mendapatkan resonansi semangatnya untuk tetap  berjuang di jalan islam, di tengah sekulerisme Turki.

Menikmati dan menghabiskan malam di sungai Seine yang  menurut imajinasi saya merupakan malam  penuh romansa. Halaahhh.. kurang ngerti juga aku kenapa bisa membayangkan seperti itu.

malam romantis di seine river
malam romantis di seine river (7)

Sholat dua raka’at di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsho, tentunya tidak hanya dapat pahala yang melimpah ruah, tetapi juga dapat memperkaya pengalaman hati dan jiwa.

saya merasa sangat kaya, meskipun hanya bisa menikmatinya melalui tulisan, semoga suatu hari nanti bisa bangun dari mimpi. 🙂

Kalo ditanya dream vacation, sampe bingung mau ke tempat mana dulu, pengennya kalo bisa selesai dari satu  tempat trip pengen langsung berpindah ke trip selanjutnya. Tapii.. yaa, itu mungkin gak mungkin ya, satu bisa tekor di ATM, yang dua bisa capek tingkat dewa. Kalo pengen tau banget dan sangat mendesak dan cenderung urgent, halah,  jawaban saya untuk pertanyaan yang buat galau berkepanjangan ini, memilih trip ke tempat yang letaknya antara benua Eropa dan Asia saja, ya, that’s rait Turki.  Turki kecilnya Eropa.

Saya jatuh cinta pertama kali pada Aya Sofia, begitu menyebut Hagia Sophia  dalam bahasa Turki, saat membaca profilnya di salah satu novel. Melihat secara langsung gagahnya bangunan yang menyimpan sarat sejarah kejayaan islam di masa lalu dan kemegahan di dalamnya adalah suatu kekayaan hidup buat saya.

Aya Sofia pada malam hari
Aya Sofia pada malam hari (1)
13642444221284127870-horz
Kemegahan interiornya (1)

Ikut beradegan ala film UP di Cappadocia, dengan menggunakan hot air balloon untuk menikmati keindahan Turki, khususnya di Kota Goreme. Sebuah wilayah yang berbukit batu kerucut dengan alam pedesaan yang menyejukkan mata.

hot air balloning
hot air balloning (2)
Kota Goreme
Kota Goreme (4)

Menyantap kuliner di Istana Topkapi, bukan di dalam istananya, tetapi di satu area sekitar istana, setelah berkunjung ke dalam istana. Kata salah satu penulis novel, ada satu kedai makanan yang patut dicoba disana.

320px-Imperial_Gate_Topkapi_Istanbul_2007_002
Istana topkapi (3)

Turut menikmati kemegahan dan keteduhan Mesjid Selimiye.  Mesjid yang menjadi situs warisan dunia karena memiliki prestasi tertinggi dari arsitektur islam.

Mesjid Sulimiye
Mesjid Sulimiye (3)

Berendam di kolam air panas di istana kapas. Dalam bahasa Turki disebut Pamukkale. Kolam air panas ini selain ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, terlihat seperti tumpukan kapas karena terhampar luas dengan bidang putih.

Pamukkale
Pamukkale (2)

Yang terakhir, tak lengkap jika tidak turut menikmati indahnya selat Bosporus, selat yang telah memisahkan wilayah Asia dan Eropa. Selat ini dapat dilalui dengan dua jembatan, yaitu Jembatan Bosporus dan Jembatan Fatih Sultan Mehmed.

Selat Bosporus
Selat Bosporus (5)
Jembatan Bosporus
Jembatan Bosporus (5)

Kamu juga jadi jatuh cinta sama negeri yang satu ini kan?. hehe.. semoga ya 🙂

Biar makin jatuh cinta, nikmati amazing video Turki dengan musik khas middle east ini ya kawan 🙂

“Hidup adalah pengembaraan sebelum berpulang ke tempat yang hakiki kawan..,
Selamat menyebarkan jejak” 🙂

Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka Giveaway #MyDreamyVacation Mak Nuria N. Savitri

GA dreamy vacation

Sumber :
1. http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/03/29/dibalik-kemegahan-hagia-sophia-546791.html

2. http://www.wego.co.id/berita/wisata-di-turki/

3. http://ilhamblogindonesia.blogspot.com/2013/06/10-tempat-bersejarah-indah-di-turki.html

4. http://travellesia.blogspot.com/2013/09/7-tempat-wisata-di-turki-yang.html#.Uw7EG4WoGdw

5. http://serba-artikel.blogspot.com/2011/08/beberapa-tempat-yang-unik-di-turki.html

6. http://www.123rf.com/photo_14652447_beauty-maple-leaf-in-autumn-season.html

7. http://zoelardi.blogspot.com/2011/09/pesona-malam-di-aliran-seine.html

sumber video: http://www.youtube.com/watch?v=dWxYzzMsgfY

Advertisements

32 thoughts on “Tak Bisa Ke Lain Hati

    1. waaahhhh aq masih mupeng berat kesana mak, 8 kali udah brasa apa ya mak, hehe tapi tetap gak basi kan klo ksana.
      sudah ke TKP maakk, ketemu kemegahan topkapi disana…aahhh, makin cinta nih maakk. semoga segera menyusul yg pertama kali kesana 🙂

  1. Mak Desi kita kok sama sih??????? Bahkah aku lebih mengenal Istanbul daripada Jakarta. Hampir semua tentang Istanbul aku cari informasinya, baik foto maupun tulisan. Semoga Allah memberi kita kessemptan buat berkunjung ke sana ya, Mak… hiks…

    1. oyaaa???..waahh ada mak sofy yang jatuh cinta duluan kayaknya, iya maak, jatuh cinta ama mesjid aya sofia dulu kalo aq.
      Aamiin aamiin.. semoga bisa menjejakkan kaki disana ya mak, 🙂

  2. desi,,, aaaah.. tutup mata… langsung deh berimajinasi jalan2 ke turki..

    semoga Alloh memberi kesempatan dan rezeki untuk berkunjung ke sana..
    Sukses untuk GAnya.. 🙂

    1. iya mak tariii… bukan sekedar GA, GA nya mengingatkan akan mimpi2 yg masih banyak belum terwujud mak .

      Aamiin aamiin, semoga bisa berkunjung kesana qita mak 🙂

  3. Hiks jadi pengen ikutan dan merangkum perjalanan 10 hari marvelous Turkey yang baru kualami..baru nyicil satu tulisan tentang Mevlana Muzezi.
    Turki memang keren Maks//

    1. waaahhh… mak astuti udah ngerasain dahsyat indahnya turki??.. cetar membahana ya mak 🙂 hayu mak ceritakan, aq tunggu tulisan berikutnya mak

      1. Iya Mak Alhamdulillah padahal ngga pakai ngimpi by accident dari Allah kebetulan ada keponakan Mak yang dapat bea siswa kuliah di sana dan ada bos adik mba yg cewek.. berangkatlah kita bertiga saudara se kandung

      2. seneng bangeettt maakk, allooh itu suka buat kejutan ya mak 🙂
        btw, sekalian nanya ni mak, disana klo student boleh pake kerudung gak sih mak? dapet kabar2 klo student gak boleh pake identitas agama, kmaren maw nyoba beasiswanya tapi gak jadi karna masalah itu ,
        sebelumnya makasih banyak infonya mak 🙂

  4. Woaaahhh… kereeenn! ajak-ajak ya mak kalo berkesempatan kesana, hehehe…. (ngarep!)
    Itu Hagia Sophia mengingatkanku sm muridku kursus, namanya Aya Sophia, anaknya cantiiiikkk banget, dan pinter. Pernah kutanya gini “Aya tau ngga arti namanya Aya?”, trus dia bilang “tau, miss” dan dia cerita bahwa Papanya memberi nama itu terinspirasi dari Hagia Sophia yang cantik 🙂 so sweet!
    btw smoga terkabul semua mimpinya!

    1. maw banget mak ngajak mak2 yg punya impian yg sama, ngimpi boleh lah ya 🙂

      aiiihhh, co cwiittt titip peluk aya ya mak, hehe.. aamiin aamiin, semoga mimpi mak juga 🙂

Comments are closed.