Writing Contest

Sarapan Sehat Sebagai Pilar Gizi Seimbang untuk Mewujudkan Generasi Cerdas

Apakah Anda termasuk orang yang menyempatkan waktu untuk sarapan setiap pagi?. Apakah sarapan itu penting buat Anda?
Apakah Anda dan keluarga memiliki kebiasaan sarapan setiap pagi?

Jika Anda menjawab tiga pertanyaan diatas dengan jawaban ‘tidak’ , Anda patut membaca  artikel berikut ini 🙂

Setiap harinya, kita makan sebanyak lima kali, yaitu tiga kali makan utama; makan pagi, makan siang, dan makan malam dan dua kali makan selingan. Kegiatan makan pagi  umum kita sebut dengan sarapan.  Saking pentingnya, salah satu isi  pedoman umum gizi seimbang pada poin 8 disebutkan untuk membiasakan sarapan.

Apa yang dimaksud dengan Pedoman Umum Gizi Seimbang?

Pedoman umum Gizi seimbang ini merupakan penyempurnaan dari konsep 4 sehat 5 sempurna yang sudah kita kenal lebih awal. Pedoman umum gizi seimbang berisi 13 pesan yang harus dilakukan untuk memperoleh manfaat dari konsumsi gizi seimbang. Maksud dari gizi seimbang adalah ketika kebutuhan zat gizi yang kita perlukan sesuai atau berbanding lurus dengan asupan zat gizi yang kita konsumsi.  Ketika makanan yang kita konsumsi mengandung asupan zat gizi yang berlebihan atau lebih rendah dari kebutuhan zat gizi tubuh maka akan terjadi ketidakseimbangan zat gizi.

Berikut ilustrasinya :

Gizi Seimbang
Gizi Seimbang
Kurang Gizi
Kurang Gizi
Gizi lebih
Gizi lebih

Selanjutnya, mari kita mengenal pedoman umum gizi seimbang, pesan tersebut adalah:

  1. Makanlah aneka ragam makanan
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi
  5. Gunakan garam beryodium
  6. Makanlah makanan sumber zat besi
  7. Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya
  8. Biasakan makan pagi
  9. Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya
  10. Lakukan aktifitas fisik secara teratur
  11. Hindari minum minuman beralkohol
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Bacalah label pada makanan yang dikemas

Pada poin ke-8 dapat dilihat bahwa sarapan memiliki peran penting dalam pemenuhan  kebutuhann gizi seimbang.

Mengapa Sarapan Menjadi Penting?

Sarapan tidak hanya diperuntukkan bagi pekerja kantoran atau anak sekolah, tetapi bagi petani, balita, pemulung, terlebih bagi blogger (bukan narsis 🙂 ) dan bagi setiap orang.  Sarapan penting bagi setiap orang. Kenapa menjadi penting?..

Sarapan  menjadi penting karena :

  1. Menjadi sumber energi utama sebelum memulai aktifitas
  2. Membantu dan memelihara konsentrasi saat bekerja
  3. Sarapan mencegah makan berlebihan di waktu siang yang berpengaruh positif dalam memelihara berat badan
  4. Mampu menjaga kadar gula darah agar lebih stabil
  5. Bagi anak sekolah, sarapan berpengaruh terhadap peningkatan nilai belajar di sekolah
  6. Mencegah  kemungkinan terjadinya penyakit maag, karena lambung sudah terisi makanan

Dari manfaat yang tercantum diatas, sarapan tidak hanya berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh, tetapi juga mempengaruhi produktifitas kerja.

Gizi Seimbang Pada Sarapan

Untuk memenuhi gizi seimbang saat sarapan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui:

  1. Sarapan dilakukan pada saat pagi hari sebelum jam 9 pagi, sebelum Anda memulai aktifitas

2. Sarapan terdiri dari makanan dan minuman

Sarapan tidak hanya dalam bentuk minum susu, atau sekedar makan pagi. Tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Sarapan mengandung makanan dan minuman. Dan yang menjadi poin penting bukan hanya minum adan makan saja, tetapi sarapan yang memenuhi gizi seimbang harus mengandung 5 zat gizi utama, yaitu: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

3. Sarapan harus memenuhi 15-30 % kebutuhan gizi harian.

Kebutuhan zat gizi harian setiap individu sekitar 2000-2200 kalori. Untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang, kita harus mengkonsumsi sebanyak 600-660 kalori pada saat sarapan. Kebutuhan sebanyak itu dapat diperoleh dengan mengkonsumsi seporsi nasi (sumber  karbohidrat lainnya seperti kentang, roti), sebutir telur (sumber protein lainnya seperti tempe, tahu, daging, keju), sayur (salad, tomat, selada) dan satu buah (seperti jeruk, apel, pisang). Dan tidak lupa konsumsi minuman yang dapat berupa air mineral, susu, ataupun jus buah. Untuk memenuhi gizi seimbang, sarapan harus memenuhi kebutuhan 5 zat gizi tersebut.

Tentunya, kebutuhan untuk anak-anak lebih kecil daripada kebutuhan orang dewasa. Dalam sehari, anak-anak hanya memerlukan 1800 kalori, sedangkan untuk sarapan anak-anak hanya butuh sekitar 540 kalori. Deskripsi makanan yang dapat dikonsumsi sama dengan orang dewasa, hanya dibedakan masalah porsi hidangnya saja.

tumpeng gizi seimbang
tumpeng gizi seimbang

Sarapan sehat merupakan pilar gizi seimbang, dan dampaknya terhadap kehidupan tidak main-main. Selain kesehatan, juga memberi efek positif terhadap produktifitas. Namun tak semua orang menyempatkan waktu untuk melakukan kegiatan menghabiskan makanan yang satu ini. Mari kita menjadikan sarapan sebagai salah satu kebiasaan makan untuk mewujudkan terbentuknya generasi sehat dan cerdas.

sumber gambar : http://www.slideshare.net/laluanwar/pentingnya-makanan-bergizi-seimbang-dalam-kehidupan-sehari-hari

Advertisements

2 thoughts on “Sarapan Sehat Sebagai Pilar Gizi Seimbang untuk Mewujudkan Generasi Cerdas

Comments are closed.