Writing Contest

SMART is more than what you dress

Hai hai semuanya.. yang smart merapat ya, lagi pengen ngebahas tentang smart nih. Ada ujan gak ada badai,  pengen banget nulis tentang smart pokoknya. Keep on read till d end ya, toss dulu aHH. *kedipin mata.

Kalo ditanya smart itu apa?. Suka susah – susah gampang defenisi-innya. Flashback waktu kecil dulu (wuss..meluncur pake lorong waktu), saya berpendapat kalo orang smart  itu orang yang duduk di depan laptop, pake kacamata brilliant-nya,  serius  nulis, sambil sesekali baca buku2 tebalnya. Punya rak buku tebal, koleksi pribadi, dan bisa anteng di depan laptopnya. Smart versi satu.

ImageMasuk lorong waktu lagi nih. Bertambah usia, jadi anak yang gedean dikit.. (Syukur banget  pernah gede juga, hehe). Sampai juga ke tujuan. Tampak ada banyak orang, memakai baju putih menikmati berbagai jenis santapan khas dan kue lebaran. Saat hari besar, waktunya berkumpul dengan keluarga, beragam pribadi ngumpul jadi satu, di satu rumah, di satu hari. Agenda utamanya, apalagi kalo bukan ngobrol dari A sampai Z, keliatan gak pernah kehabisan topik bahasan. Salut banget sama orang yang gak pernah diem mulutnya, adaaa ajaa yang jadi omongan, dari cerita sekolah, hidup, politik, sampe lawakan, apa aja dilalap abis. Ahh.. suka banget dah, selalu asyik. Cerita smart versi dua.

Lanjut pake lorong waktu ya, Naahh, kalo cerita yang satu ini, smart versi tiga. Cerita ini saya labeli buat orang – orang yang suka dunia laboratorium. Ya, bersahabat dengan tabung erlenmeyer, mikroskop, larutan berwarna, dunia yang smart menurut  saya. Label smart itu bermula waktu lihat di TV, seorang laboran (taw setelah tambah gede ini mah ;)), dengan jas putih bersih, melihat dunia lain lewat mikroskop, makhluk kecil itu menampakkan wujudnya, dan saya takjub dan terperangah, Waahh, dahsyat banget itu alat. Kebayang kan takjubnya anak kecil?. Hmm.. pasti orang yang bekerja itu smart, itu kesimpulan saya. Do you with me? 🙂

ImageHello anybody out there, tinggalin lorong waktunya ya. Kembali ke dunia yang lagi dipijaki sekarang. Semakin tambah gede n semakin tambah dewasa (tetep gak mau ngaku kalo tambah tua haha), defenisi smart itu jadi berubah sodara sodari. Smart itu gak cuma sekedar  apa yang kelihatan dari luar saja, pake kacamata, jas putih, buku tebal, dan pintar ngomong. Tapi.. lebih dari itu.  Butuh lebih dari sebuah kacamata yang menambah sosok brilliant, butuh lebih dari sebuah jas putih untuk menambah kesan wibawa, butuh lebih dari sekedar buku tebal tanpa manfaat, butuh lebih dari sekedar obrolan di siang bolong. Hmm.. agak serius nih ngorolnya. Haha. Woles woles 🙂

Sampai sudah segede ini (Naah, klo yg ini udah gak pake lorong waktu) arti  smart  menurut saya sesuai dengan namanya S.M.A.R.T. eS itu Suka dan Senang meringankan beban orang lain, eM itu Menyimpan rahasia orang lain, A itu Asyik diajak ngobrol, R itu Rajin update info terkini, dan last but not least,  T itu Tahu tujuan hidupnya. Acung 4 jempol dah (sama jempol kaki atau jempol kamu juga ikutan boleh deh, biar lebih banyak ;)), itu baru SMART abeeess.

Suka dan senang meringankan beban orang lain ( termasuk berat badan juga bolehlah ;)) kelebihan pertama orang smart. Jadi makhluk yang bermanfaat bagi orang, suka bantu orang susah dapat tiga keuntungan di tiga alam;  alam nyata, alam maya ( buat blogger mania), n akhir alam . Setuju banget kan. harus setuju pokoknya *maksa ;).  Smart yang pertama ini, saya banget dah (harus pada percaya ya, cari perlindungan, takut ditimpuk). Suka susah sendiri kalo liat orang lain lagi susah. Apa2 aja yang bisa dibantu, lakuin ajah, misalnya ni yah, kalo temen lagi sakit, mulai dari bantuin mijat, (mulai sekedar pijat kepala atau seluruh badan), temenin ke dokter, ngelonin ampe tidur, kongsi bayarin, ato ngumpulin dana kalo butuh dana gede semua dijabanin.

Kelebihan kedua orang smart itu, kalo bisa nyimpan rapet2 n gak bocorin dikit2 rahasia orang lain (apalagi banyak gak boleh sodara sodari). Ya, wanita  punya sifat suka mendengar cerita dan paling suka kalo didengarkan. Ditambah dengan emosi yang bisa gila2an kalo lagi kesal/marah. Hal ini bisa  jadi pemicu potensi untuk membuka aib /rahasia seseorang. Yang kedua ini, temen2 saya aja yang ngakuinnya (tapi tetep yang nyampeinnya saya ya, hihi). Dari temen2 kosan dulu, saya biasa dijadiin  bundo or mami kosan (hadeuhhh terdengar kesan yang gak enak kah disana? Hehe). Jadi emak of kos2an umumnya jadi tempat curhat dari anak baru sampe anak lama mulai dari cerita keluarga, masalah kuliah, ampe masalah keuangan. Gak taw kenapa, radarnya anak2 kos langsung nyala buat curhat kalo liat muka saya. Haha.. Dan semua itu, tersimpan rapi dengan file case nama masing-masing di memori. Semoga tetap terus simpan aman dan nyaman disana. 🙂

Asyik diajak ngobrol. Ya, orang smart itu harus enak diajak ngobrol. Kebayang kan, kalo ketemu sama orang yang gak nyambung kalo diajak ngobrol. Gak enak banget deh. Sudah diakui temen2, (harus percaya ya 😉 kalo saya itu asyik diajak ngobrol, hehe. Kalo lagi butuh teman jalan, suka diajak hang out. Kalo mo share sesuatu yang butuh dianalisis (apaan coba?) suka jadi teman  diskusi. Moga jadi tambah percaya ya sekarang 🙂

Smart yang keempat, rajin update info terbaru. Jadi orang di zaman gadget sekarang ini jangan sampe kudet, pada taw kan kudet, itu lho yang dibuat dipakai di dapur, codet, eh salah ya, haha woles pemirsah. Kudet itu kurang update. Dengan kemudahan akses informasi sekarang ini, lebay banget kalo bisa sampe kudet. Tinggal klik mbah google atau mbah2 lainnya juga boleh ;). So..keep update ya.

Tahu tujuan hidup. Nah, yang satu ini, penting banget.  Hidup di dunia yang sementara ini (halah bahasanya ;)) kita, termasuk saya, harus tahu tujuan hidup. Bukan hanya sekedar numpang nafas, numpang neduh kalo hujan, terus capek dan langsung bobok  manis, hehehe. Berbuat di jalan yang benar, keep on that way dan mengajak yang lain untuk dicintai Tuhan, itu penting  dan smart banget.  Percaya deh, itu saya banget sodara sodari.

Semoga yang dengerin celotehan smart saya masih adem ayem hatinya. Ya, yang smart pasti adem ayem, saya percaya 😉

“Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel”

banner lomba

Sumber gambar:

www.dreamstime.com

biologyinmind.blogspot.com

Advertisements

6 thoughts on “SMART is more than what you dress

Comments are closed.