Food, Nutrition, and Health

The body Clock, “Hak Tubuh”

Minasan…ogenki desuka?..
hope you in  better condition than b4.. aamiin..

Alhamdulillah..kembali juga mengisi blog ini, stelah skian lama mencari jati diri, hahaha.bahasanya.. :). Bismillah..keinginan hati tuk terus berbagi, menyebarkan ilmu yg bisa dishare, smoga menjadi timbunan tambahan pahala kelak, aamiin..hal ini juga dlm rangka untuk bisa menjadi blog savvy. ya.. skedar pemberitahuan, savvy..adalah satu kata yg didapet pas buka bbc leaning english kmaren..haha sapa yg nanyak ya…dets okeylah..savvy,, it means that you are good and better in doing something. for instance, money savvy, it means you are good in manage or invest your money. business savvy,, it means that you are good on doing your business. and etc..etc.. so u can add a noun before savvy….okey :). so i use ‘blog savvy’ now, so that i can manage my blog better and better everyday..hopefully..aamiin.

preambulenya panjang amiit ya..hehe muup2 pemirsa..

Kembali ke judul diatas, semua pasti pernah dengar the body clock bukan?..ya..pembahasan skrg mgkin agak tlat, tp bacalah smpe akhir. soo..anda tdk akan merugi..okey..^^

The Body Clock Guide to Better Health, adalah sebuah buku yang dikarang oleh Michael Smolensky and partnernya Lynne Lamberg, yg berisi 448 halaman . Istilah body clock ini gencar tahun 2001. Sudah 10 tahun yg lalu ternyata, kurang lebih..sudah tua juga tuch buku ternyata..hahaha,gak pentiing ;).

review bukunya bisa ditemukan di :

http://ebookee.org/The-Body-Clock-Guide-to-Better-Health_179574.html

silahkan dibaca untuk mereview 🙂

kali ini lagi tertarik untuk review buku “Pola Makan Rasulullah ” oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid, yg membahas ttg aturan makan pola rasul. menarik bukan? 🙂

Dalam buku ini diceritakan:

Hadits Al-Bukhari dan Muslim:

“Sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi”

Hak tubuh itu adalah:

memberinya makan jika lapar,mengistirahatkan bila letih,membersihkannya bila kotor, mengobatinya jika sakit, serta tidak membebaninya dengan sesuatu yg tidak mampu dia emban.

Okey, begitu kira2, so..pandai2lah memenuhi hak tubuh kita 🙂

Waktu shalat pun secara tak langsung juga mengatur waktu makan qt. For instance.. memelihara waktu shalat subuh..menuntut seseorang untuk bangun pagi dan tidur sesegera mungkin. Dan hal itu mengharuskan seseorang untuk berbuka dan makan malam dengan segera, pada waktu yang telah ditentukan. Perlu diketahui, makan malam yang dilakukan tepat waktu akan sangat membantu untuk tidak tidur langsung setelah makan (minimal, tidur dilakukan satu jam setelah makan). (Red: aq pernah baca, ada yg nyaranin 2 jam setelah makan, karena semua makanan sudah tercerna dgn sempurna,jd terserah maw ngikutin yg mana ya?hehe).  Sebab, terlalu cepat tidur setelah makan akan menyulitkan lambung mencerna makanan, banyak menimbulkan gas, susah buang air besar, serta akan mengakibatkan bau mulut. Sebab, selama waktu tidur menjadi waktu paling aktif bagi usus untuk mencerna makanan.

So….kenalilah tubuhmu sendiri..Sayangi ia dengan memenuhi haknya. Sesuai dengan isi hadits yang diatas. otre2…
dan satu yang tak boleh lupa, U are What U eat. ^^

“Selamat mengenali tubuh anda”  

Advertisements